PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara studi internasional dan hubungan internasional. Jadi, mungkin beberapa dari kalian bingung apa sih bedanya? Jangan khawatir, aku akan jelasin dengan gaya santai dan nggak pake bahasa kaku. Jadi, simak terus ya!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini adalah antara studi internasional dan hubungan internasional Selain aspek politik, kajian internasional menekankan pada aspek sosial dan budaya negara-negara di arena internasional, sedangkan hubungan internasional menekankan pada politik internasional, hukum, dan hubungan diplomatik antar aktor di arena internasional.

Studi internasional dapat diidentifikasi sebagai latar belakang yang mirip dengan hubungan internasional, yang kemudian menjadi disiplin akademik yang berbeda. Studi Internasional (IS) dan Hubungan Internasional (IR) adalah dua disiplin akademis terpisah yang mempelajari aspek politik, sosial dan budaya dunia. Karena sifatnya yang terkait dan mirip, kebanyakan orang cenderung menggunakan istilah ini secara bergantian. Namun, ada perbedaan yang jelas antara studi internasional dan hubungan internasional sehubungan dengan materi pelajaran dan bidang fokus. Oleh karena itu, ketika mempelajari kedua disiplin ilmu ini di universitas, seseorang harus mengetahui sepenuhnya isi dari kedua disiplin ilmu tersebut.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu studi internasional?
– Definisi, topik, fokus
2. Apa itu hubungan internasional?
– Definisi, topik, fokus
3. Apa hubungan antara studi internasional dan hubungan internasional?
– Garis besar forum
4. Apa perbedaan antara studi internasional dan hubungan internasional?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Universitas, Pendidikan, Studi Internasional (IS), Hubungan Internasional (IR), Politik

Apa itu studi internasional?

Hubungan internasional pada awalnya merupakan bagian dari studi internasional. Namun, dengan meningkatnya isu-isu global dan tuntutan untuk mengatasinya, hubungan internasional dipisahkan sebagai disiplin ilmu tersendiri, tetapi muncul sebagai disiplin studi internasional terkait pada awal tahun 20-an.ketujuh abad Oleh karena itu, ini mengarah pada pembentukan beberapa asosiasi dan institut akademik yang mempelajari studi internasional.

Studi Internasional (IS) adalah disiplin akademik yang, selain studinya di bidang hubungan politik antar negara, menekankan masalah sosial dan budaya yang berlaku di berbagai negara dan dampaknya di seluruh dunia.

Selanjutnya, British Association for International Studies mendefinisikan studi internasional sebagai “masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya utama yang mendominasi agenda internasional”. Oleh karena itu, singkatnya, kajian internasional mencakup semua fenomena yang berorientasi global.

Ruang lingkup subjek

Beberapa topik umum yang ditawarkan dalam program kursus studi internasional adalah:

  • Tata kelola global, diplomasi, politik global, dan hubungan internasional
  • Globalisasi, budaya dan ekonomi global
  • Migrasi (diaspora dan pengaruhnya)
  • Studi jenis kelamin
  • Studi bahasa dan sastra, dll

Oleh karena itu, studi sosial, studi budaya, dan studi bahasa lebih ditekankan dalam program studi studi internasional.

Dengan demikian, prospek karir mengejar pendidikan tinggi dalam studi internasional dapat bervariasi dari departemen urusan internasional ke departemen pekerjaan sosial. Beberapa di antaranya adalah pekerja sosial, aktivis gender, advokat perdagangan luar negeri, petugas imigrasi, mediator, peneliti think tank, dll.

Apa itu hubungan internasional?

Hubungan internasional dipelajari sebagai bagian dari ilmu politik, yang berasal dari Yunani kuno. Namun, setelah Perang Dunia II dan lahirnya beberapa organisasi internasional seperti Liga Bangsa-Bangsa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, hubungan internasional dipisahkan sebagai disiplin ilmu yang berbeda dari ilmu politik di akhir tahun 20-an.ketujuh abad Inggris adalah yang pertama mempelajari IR sebagai disiplin akademis yang terpisah.

Dengan demikian, hubungan internasional merupakan disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antar bangsa/negara di dunia. Oleh karena itu, ada rasa yang kuat dari ilmu politik dan fokus diplomasi dalam HI. Dengan cara yang sama, HI dengan hati-hati memeriksa dan menganalisis interaksi politik antara aktor-aktor ini (baik aktor pemerintah maupun non-pemerintah) di kancah internasional dan ketegangan serta isu-isu yang mengaturnya.

Ruang lingkup subjek

IR bersifat interdisipliner dan menggabungkan bidang politik, sejarah, dan ekonomi. Oleh karena itu, untuk mengkaji isu-isu global termasuk

  • Hukum internasional dan hubungan diplomatik
  • hak asasi Manusia,
  • stabilitas ekonomi dan masalah kemiskinan,
  • Etika semesta
  • proliferasi nuklir,
  • Terorisme dan keamanan global
  • perdamaian dan resolusi konflik dll

Selain itu, pekerjaan yang paling umum dalam hubungan internasional adalah politik dan administrasi, diplomasi, analisis politik, hukum dan informasi internasional, dll.

Hubungan antara studi internasional dan hubungan internasional

  • Studi Internasional pada awalnya dipelajari sebagai bagian dari Hubungan Internasional, sebelum dipisahkan karena munculnya isu-isu global dan tuntutan untuk mengatasinya.
  • Namun, kedua disiplin akademis tersebut berfokus pada hubungan antara aktor internasional (aktor negara dan non-negara) di arena internasional dan pengaruhnya. Namun demikian, dibandingkan dengan hubungan internasional, studi internasional menekankan efek sosial dan budaya dari hubungan ini di negara-negara.
  • Aspek karir untuk kedua disiplin mungkin tumpang tindih.

Perbedaan antara studi internasional dan hubungan internasional

Definisi

Studi internasional adalah disiplin akademis yang, selain aspek politik negara-negara di arena internasional, juga menekankan aspek sosial dan budaya negara. Di sisi lain, hubungan internasional adalah disiplin akademik yang menekankan hubungan politik dan diplomatik antar negara di arena internasional. Oleh karena itu, inilah perbedaan utama antara studi internasional dan hubungan internasional.

Masalah

Perbedaan lain antara studi internasional dan hubungan internasional adalah subjeknya. IS lebih fokus pada topik sosial dan budaya seperti studi gender, budaya dunia, globalisasi, bahasa asing, dll., sedangkan IR lebih fokus pada politik dunia, diplomasi, dan topik terkait seperti keamanan dan keuangan global.

Pilihan karir

Karir untuk IS dapat bervariasi dari aspek politik hingga pekerjaan sosial. Namun, lebih condong pada perspektif filantropis, sosiologis dan budaya. Karier untuk HI lebih condong ke sisi politik. Oleh karena itu, mereka lebih terkait dengan sektor politik dan administrasi, diplomasi, intelijen, dan sektor analis. Demikian juga dengan persaingan yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, khususnya di IR. Oleh karena itu, ini adalah perbedaan lain antara studi internasional dan hubungan internasional.

Hasil

Studi Internasional (IS) dan Hubungan Internasional (IR) sering digunakan secara bergantian karena sifatnya yang serupa. Namun, mereka dapat dibedakan berdasarkan penekanan subjek mereka. Selain aspek politik, kajian internasional menekankan pada aspek sosial dan budaya negara-negara di kancah internasional, sedangkan hubungan internasional menekankan pada politik internasional, hukum, dan hubungan diplomatik di antara para aktor kancah internasional. Oleh karena itu, inilah perbedaan utama antara studi internasional dan hubungan internasional.

Referensi:

1. Asosiasi Inggris untuk Studi Internasional. Apa itu Studi Internasional?, tersedia di sini.
2. “Saya bisa menjadi apa jika saya belajar hubungan internasional?” MastersPortal, 21 Desember 2017, Tersedia di sini.
3. “Menu tautan cepat”. Bioteknologi Career Center tersedia di sini.
4. “Apa itu hubungan internasional?” Hubungan Internasional The MSc dalam Hubungan Internasional tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “BERPIKIR Kolase Tempat Sekolah Dunia” Oleh Glacierfanclub – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia
2. “Dokter Angkatan Udara menerapkan penelitian pada latihan kemanusiaan” (Domain Publik) melalui File Domain Publik
3. “3760656” (CC0) melalui Max Pixel