PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, sobat pembaca! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara sosiologi dan psikologi. Sebelum kita mulai, mungkin ada yang penasaran apa sih bedanya antara kedua ilmu ini? Nah, sosiologi dan psikologi sebenarnya adalah dua cabang ilmu yang berbeda tapi saling berkaitan dalam mempelajari manusia dan masyarakat. Jadi, kalau sosiologi fokusnya lebih ke masyarakat dan bagaimana manusia berinteraksi dalam kelompok, psikologi lebih ke individu dan bagaimana manusia berperilaku serta memahami pikiran dan emosi mereka sendiri. Jadi, intinya sosiologi lebih melihat dari segi besarannya, sedangkan psikologi lebih melihat dari sudut pandang individu. Nah, itu tadi sedikit gambaran perbedaan antara sosiologi dan psikologi. Yuk, kita simak lebih dalam lagi nanti!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Perbedaan antara sosiologi dan psikologi adalah bahwa sosiologi itu sama Studi ilmiah tentang masyarakat manusia dan budayanya, sedangkan psikologi adalah studi ilmiah tentang pikiran dan perilaku manusia.

Psikologi dan sosiologi adalah dua disiplin ilmu yang berbeda. Dalam beberapa hal, kedua bidang ini berjalan beriringan untuk menemukan kebenaran ilmiah tentang manusia. Namun, karena sedikit kesamaan dalam pengucapan dan kesamaan dalam tujuannya, beberapa orang menjadi bingung apakah kedua disiplin ilmu tersebut memiliki arti yang sama.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu sosiologi?
– Definisi, fokus, pilihan karir
2. Apa itu psikologi?
– Definisi, fokus, pilihan karir
3. Apa persamaan antara sosiologi dan psikologi?
– Garis besar fitur umum
4. Apa perbedaan antara sosiologi dan psikologi?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Akademisi, pendidikan, psikologi, sosiologi

Apa itu sosiologi?

Untuk mendefinisikan secara singkat sosiologi, itu adalah studi ilmiah tentang perkembangan, struktur dan fungsi masyarakat manusia. Oleh karena itu, ini adalah studi tentang interaksi manusia dengan orang lain di tingkat sosial dan hubungannya dengan institusi sosial.

Oleh karena itu, ruang lingkup sosiologi bervariasi dari keluarga, negara, ras dan pembagian sosial, agama dan kepercayaan serta budaya. Akhirnya, sosiologi menganalisis cara asosiasi dan interaksi sosial ini dapat mempengaruhi pembentukan masyarakat yang stabil, mengatasi pengaruh ekstrem seperti perubahan radikal dan kejahatan. Beberapa pendekatan teoretis utama dalam sosiologi adalah fungsionalisme, teori konflik, strukturalisme, utilitarianisme, dll.

Sosiologi melihat melampaui makhluk individu untuk memeriksa masyarakat secara keseluruhan melalui asosiasi sosial tertentu. Demikian pula, sosiologi adalah pilihan terbaik bagi seseorang yang tertarik untuk meneliti bagaimana masyarakat manusia ini berkembang dan menemukan cara untuk mengembangkan dan mengatur masyarakat dari tingkat akar.

Pilihan karir untuk Sosiologi mencakup berbagai sektor seperti sektor penelitian, sektor administrasi, sektor publik dan kesejahteraan, sektor bisnis dan juga sektor pendidikan. Beberapa pekerjaan seperti peneliti sosial, pekerja kasus, pengacara, pekerja hubungan masyarakat, administrator, pengatur komunitas, peneliti kebijakan publik, dan analis data terkait dengan sosiologi.

Apa itu psikologi?

Psikologi, menurut definisi, adalah studi ilmiah tentang pikiran manusia dan fungsinya, terutama yang memengaruhi perilaku manusia. Ini juga mempelajari proses dan kompleksitas pikiran manusia yang memengaruhi pemeliharaan kesehatan mental dan kesejahteraan yang tepat. Oleh karena itu, berbeda dengan sosiologi, fokus psikologi terletak pada level individu. Demikian pula, psikologi menggabungkan berbagai mata pelajaran dari aspek sosial hingga ilmu saraf. Demikian pula, ada berbagai jenis psikologi seperti psikologi kognitif, forensik, sosial dan perkembangan.

Psikologi modern adalah evolusi psikoanalisis awal dan wawasan yang diberikan oleh tokoh-tokoh besar seperti Sang Buddha, Socrates, Plato kepada orang-orang sezaman seperti Sigmund Freud, William Wundt, William James dll.

Dengan demikian, subjek psikologi sebagian besar terdiri dari beberapa aliran pemikiran utama. Namun, fungsionalisme (oleh William James) dan strukturalisme (oleh William Wundt) berlaku sebagai dua aliran pemikiran utama.

Karenanya, psikologi adalah pilihan terbaik bagi orang yang tertarik mempelajari reaksi mental dan perilaku tertentu. Ini biasanya termasuk pekerjaan seperti psikolog, peneliti psikologis, konselor, psikolog pendidikan, psikolog sekolah, psikolog forensik dan klinis, dll.

Kesamaan Antara Sosiologi dan Psikologi

  • Sosiologi dan psikologi mempelajari kualitas dan interaksi manusia pada tingkat yang berbeda. Sosiologi dari tataran sosial sedangkan psikologi dari tataran individu.
  • Baik sosiologi dan psikologi terdiri dari pendekatan teoretis utama seperti fungsionalisme dan strukturalisme, meskipun keduanya menekankan tingkat manusia yang berbeda. tingkat sosial dan individu

Perbedaan Antara Sosiologi dan Psikologi

Definisi

Sosiologi adalah studi ilmiah tentang perkembangan, struktur dan fungsi masyarakat manusia. Di sisi lain, psikologi adalah studi ilmiah tentang pikiran manusia dan fungsinya, terutama yang memengaruhi perilaku manusia. Jadi, inilah perbedaan utama antara sosiologi dan psikologi.

Fokus

Fokus utama dalam sosiologi adalah studi tentang masyarakat manusia dan asosiasi sosial secara keseluruhan sedangkan fokus utama dalam psikologi adalah studi tentang pikiran dan perilaku individu manusia.

Pilihan karir

Pilihan karir untuk orang-orang jurusan sosiologi termasuk peneliti sosial, pekerja kasus, pekerja hubungan masyarakat, manajer, pengatur komunitas, peneliti kebijakan publik, analis data, dan banyak lagi. Namun, pilihan karir untuk orang yang berspesialisasi dalam psikologi termasuk psikolog, konselor, psikolog. , peneliti psikologis, konselor, psikolog pendidikan, psikolog sekolah, psikolog forensik dan klinis, dll. Oleh karena itu, inilah perbedaan lain antara sosiologi dan psikologi.

Hasil

Psikologi dan sosiologi adalah mata pelajaran beragam yang mempelajari manusia pada tingkat yang berbeda. Oleh karena itu, perbedaan utama antara sosiologi dan psikologi adalah sosiologi adalah studi ilmiah tentang masyarakat manusia dan budayanya sedangkan psikologi adalah studi ilmiah tentang pikiran dan perilaku manusia.

Referensi:

1. “Apa itu sosiologi?” Departemen Sosiologi, Universitas Carolina Utara Departemen Sosiologi, Universitas Carolina Utara, Tersedia di sini.
2. “Apa itu sosiologi?” Asosiasi Sosiologi Amerika, 23 Mei 2016, Tersedia di sini.
3. “Apa itu psikologi?” Gelar psikologi tersedia di sini.
4. “Apa itu psikologi?” Departemen Psikologi, tersedia di sini.
5. “Kesempatan kerja”. Sosiologi.unc.edu, tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “SociologijA” Oleh Tamaric1997 – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia
2. “2422442” (CCo) melalui Pixabay
3. “Psikolog Foster (diperankan oleh Kelly Williams) dengan Buddha (patung putih), kantor lamanya di Pentagon, wawancara Lightman, Lie to Me, Season 2, Ep. 12, – Sweet Sixteen, Buddhisme dalam Budaya Barat, Televisi” oleh Wonderlane (CC BY 2.0) via Flickr