PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas perbedaan antara sosiologi dan ilmu politik. Jadi, sosiologi dan ilmu politik adalah dua disiplin ilmu yang seringkali membuat orang bingung. Tapi tenang, kita akan coba pecahkan misteri ini bersama-sama. Jadi, sosiologi itu fokusnya lebih ke masyarakat dan interaksi sosial, sementara ilmu politik lebih ke sistem politik dan kekuasaan. Jadi, bisa dibilang sosiologi itu lebih ke arah “apa yang terjadi di masyarakat?”, sedangkan ilmu politik lebih ke arah “siapa yang berkuasa dan bagaimana mereka menggunakan kekuasaan?”. Nah, sekarang sudah ada gambaran kan bedanya? Yuk kita teruskan untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang kedua disiplin ilmu ini.

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Itu antara sosiologi dan ilmu politik Sosiologi adalah studi ilmiah tentang masyarakat manusia sedangkan ilmu politik adalah studi tentang politik dan dampaknya terhadap masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak seperti sosiologi, ilmu politik menekankan penggunaan kekuatan politik di tingkat nasional dan internasional.

Sosiologi dan ilmu politik adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan administrasi dan pengelolaan masyarakat manusia dan perkembangan sosialnya. Meskipun subjek ilmu politik kontemporer telah memasukkan beberapa konsep sosiologis dan memperluas cakupannya, fokus utamanya membedakannya dari disiplin akademis lainnya.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu sosiologi?
– Definisi, fokus, ruang lingkup
2. Apa itu ilmu politik?
– Definisi, fokus, ruang lingkup
3. Apa persamaan antara sosiologi dan ilmu politik?
– Garis besar fitur umum
4. Apa perbedaan antara sosiologi dan ilmu politik?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pendidikan, sosiologi, ilmu sosial, masyarakat, ilmu politik, politik

Apa itu sosiologi?

Sosiologi adalah disiplin akademis yang berfokus pada studi tentang perkembangan, struktur, dan fungsi masyarakat manusia. Oleh karena itu, ia menganalisis asosiasi dan interaksi sosial yang memengaruhi pembentukan masyarakat yang stabil dan mengatasi pengaruh ekstrem pada anggotanya.

Oleh karena itu, sosiologi adalah ilmu sosial yang menekankan studi tentang masyarakat, pola hubungan sosial, interaksi sosial dan budaya kehidupan manusia. Mata pelajaran seperti antropologi, studi komunikasi, dan studi budaya dikaitkan dengan sosiologi.

Beberapa pendekatan teoretis utama dalam sosiologi adalah fungsionalisme, teori konflik, strukturalisme, dan utilitarianisme. Dengan cara yang sama, ruang lingkup subjek sosiologi mencakup dari tingkat mikro sosiologi agensi dan interaksi individu hingga tingkat makro sistem dan struktur sosial.

Gambar 1: Patung Emile Durkheim

Beberapa tokoh perintis yang berjasa dalam perkembangan mata pelajaran sosiologi antara lain: Max Weber, Emile Durkheim, Karl Marx, Franklin Fraser, Albion Small, Adolphe Kotel, dan Herbert Spencer hingga sosiolog masa kini seperti Anthony Giddens, dan Harrison. putih

Sosiologi adalah pilihan terbaik bagi seseorang yang tertarik untuk meneliti bagaimana masyarakat manusia berkembang dan menemukan cara untuk mengembangkan dan mengatur masyarakat dari tingkat akar. Beberapa pekerjaan seperti peneliti sosial, pekerja kasus, pengacara, pekerja hubungan masyarakat, administrator, pengatur komunitas, peneliti kebijakan publik, dan analis data terkait dengan sosiologi. Oleh karena itu, pilihan karir untuk sosiologi mencakup berbagai sektor termasuk sektor penelitian, sektor administrasi, sektor publik dan kesejahteraan, sektor bisnis dan juga sektor pendidikan.

Apa itu ilmu politik?

Menurut definisi, ilmu politik adalah disiplin universitas yang mempelajari pemerintahan dan sistem pemerintahan. Analisis ilmiah aktivitas dan perilaku politik Singkatnya, ilmu politik berfokus pada teori dan praktik pemerintahan dan politik di tingkat lokal, negara bagian, nasional, dan internasional.

Akibatnya, itu termasuk studi sistematis pemerintahan dengan alat-alat politik melalui penerapan pengamatan dan pengalaman dan umumnya metode analisis ilmiah.

Beberapa pendekatan utama yang digunakan dalam ilmu politik adalah positivisme, interpretivisme, teori pilihan rasional, behaviorisme, strukturalisme, realisme, dan institusionalisme.

Demikian pula ilmu politik, selain menganalisis kekuasaan dan kinerjanya di arena politik, juga menganalisis masalah-masalah yang terjadi akibat ketidakstabilan politik, seperti masalah keamanan, krisis ekonomi, globalisasi, perdagangan internasional, dll. Bagaimana pemerintah berfungsi dan berinteraksi, dampak kebijakan pemerintah terhadap stabilitas dan pertumbuhan ekonomi, dan bagaimana hukum memengaruhi perubahan sosial dan politik.

Selain itu, disiplin ilmu politik kontemporer mencakup studi tentang semua faktor politik, sosial, dan budaya yang memengaruhi fungsi kekuasaan di negara maupun di tingkat internasional. Oleh karena itu, mata pelajaran seperti hubungan internasional dan studi bisnis digabungkan dengan ilmu politik.

Gambar 2: Michael Baron, analis politik senior

Beberapa pilihan karir terkenal untuk ilmu politik adalah: politisi, pelobi, konsultan politik, analis kebijakan, paralegal, asisten hukum, analis hukum, spesialis hubungan masyarakat, analis riset pemasaran, dll.

Kesamaan antara sosiologi dan ilmu politik

  • Disiplin akademik ini mempelajari masyarakat manusia dan bagaimana manusia berinteraksi dengan institusi sosial dan politik tentang fungsi masyarakat secara keseluruhan.
  • Juga, keduanya termasuk dalam kategori ilmu sosial dan menggunakan beberapa teori ilmu sosial yang tumpang tindih.

Perbedaan antara sosiologi dan ilmu politik

Definisi

Sosiologi adalah disiplin akademik yang mempelajari perkembangan, struktur, dan fungsi masyarakat manusia, sedangkan ilmu politik adalah disiplin akademik yang mempelajari sistem negara dan pemerintahan atau analisis ilmiah tentang aktivitas dan perilaku politik. Jadi, inilah perbedaan utama antara sosiologi dan ilmu politik.

Area fokus

Juga, area fokus adalah perbedaan penting lainnya antara sosiologi dan ilmu politik. Fokus utama sosiologi adalah masyarakat manusia dan perkembangannya. Oleh karena itu, ia berfokus pada studi tentang struktur, fungsi, dan akhirnya pengembangannya untuk berfungsinya masyarakat manusia dengan baik. Sebaliknya, bidang fokus utama ilmu politik adalah penggunaan kekuatan politik. Oleh karena itu, ini berfokus pada fungsi pemerintahan dan politik di tingkat lokal, negara bagian, nasional dan internasional.

Ruang lingkup subjek

Selain itu, ruang lingkup tematik adalah perbedaan lain antara sosiologi dan ilmu politik. Sosiologi mencakup studi tentang masyarakat, pola hubungan sosial, interaksi sosial, dan budaya kehidupan sehari-hari, sedangkan ilmu politik mencakup bagaimana pemerintah berfungsi dan berinteraksi, dampak kebijakan pemerintah terhadap stabilitas dan pertumbuhan ekonomi, dan bagaimana hukum memengaruhi masyarakat dan masyarakat. . . Perubahan politik

Pilihan karir

Beberapa pilihan karir untuk sosiologi termasuk peneliti sosial, pekerja kasus, pekerja hubungan masyarakat, manajer, pengorganisasi masyarakat, peneliti kebijakan publik dan analis data sementara beberapa pilihan karir untuk ilmu politik termasuk politisi, pelobi, konsultan politik. , analis kebijakan, asisten hukum, hukum analis. , pakar PR dan analis riset pemasaran. Oleh karena itu, ini adalah perbedaan lain antara sosiologi dan ilmu politik.

Hasil

Sosiologi dan ilmu politik agak terkait karena keduanya berkaitan dengan masyarakat manusia dan perkembangannya. Namun, keduanya berbeda dalam bidang fokus mereka. Sementara sosiologi berfokus pada pengembangan, struktur, dan fungsi masyarakat manusia, ilmu politik berfokus pada sistem pemerintahan dan pemerintahan. Analisis ilmiah tentang aktivitas dan perilaku politik Jadi, inilah perbedaan antara sosiologi dan ilmu politik. Akhirnya, bagaimana perubahan politik ini dapat mempengaruhi masyarakat secara keseluruhan.

Referensi:

1. “Memahami Peran Agama dalam Politik Amerika,” Departemen Ilmu Politik, Universitas Washington, tersedia di sini.
2. “Saya bisa menjadi apa jika saya mengambil jurusan ilmu politik?” MastersPortal, 25 Agustus 2017, Tersedia di sini.
3. “Apa itu sosiologi?” Departemen Sosiologi, Universitas Carolina Utara Departemen Sosiologi, Universitas Carolina Utara, Tersedia di sini.
4. “Apa itu sosiologi?” Asosiasi Sosiologi Amerika, 23 Mei 2016, Tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Sosiologi logo” Oleh Tomeq183 – Karya sendiri (Domain Publik) melalui Commons Wikimedia
2. “Le buste d’Émile Durkheim 05” Oleh Christian Boudeleau – (CC BY-SA 4.0) via Commons Wikimedia
3. “1327276” (CC0) melalui Pixabay
4. “Michael Baron, Analis Politik Senior” oleh Policy Exchange (CC BY 2.0) via Flickr