PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara sistem semester dan tahunan dalam dunia pendidikan. Mungkin sebagian dari kalian udah pada tahu atau bahkan pernah mengalaminya sendiri. Jadi, sistem semester adalah sistem pembelajaran yang membagi waktu belajar menjadi dua semester dalam satu tahun. Nah, bedanya dengan sistem tahunan adalah, sistem ini mengatur waktu belajar dalam satu tahun penuh tanpa ada pembagian menjadi semester. Jadi, intinya, sistem semester lebih singkat dan padat, sementara sistem tahunan lebih panjang dan menjalankan pembelajaran secara terus-menerus. Gimana, udah paham kan perbedaannya? Yuk, kita lanjut ke penjelasan lebih detailnya!

ini Perbedaan utama antara sistem semester dan tahunan Artinya, dalam sistem tahunan, ujian universitas diadakan setelah satu tahun akademik, sedangkan dalam sistem semester, ujian universitas diadakan setelah jangka waktu lima sampai enam bulan.

Sistem semester dan sistem tahunan adalah dua sistem berbeda yang diadopsi universitas dan perguruan tinggi untuk mendidik kaum muda. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara sistem tahunan dan semester.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu sistem semester?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu sistem tahunan?
– Definisi, karakteristik
3. Kesamaan antara sistem semester dan tahunan
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara sistem semester dan tahunan
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Sistem tahunan, sistem semester

Bagaimana sistem semesternya?

Sistem semester adalah semester universitas. Dalam sistem semester, satu tahun akademik dibagi menjadi dua sesi. Oleh karena itu, satu semester biasanya mencakup jangka waktu enam bulan. Sistem semester tidak hanya ada di universitas tetapi juga di sistem sekolah di beberapa negara.

Dalam sistem semester, baik semester pertama maupun kedua setara dengan enam bulan. Oleh karena itu, setelah enam bulan mengajar diadakan tes untuk menilai pengetahuan dan keterampilan siswa.

Selain itu, ada dua tujuan utama sistem semester: penilaian berkelanjutan dan mendorong kebiasaan belajar reguler di kalangan siswa. Oleh karena itu, sistem semester memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran berkelanjutan, menghadapi penilaian dan menerima umpan balik yang diperlukan. Selain itu, sistem ini secara khusus memfasilitasi penilaian kinerja siswa dua kali setahun.

Apa itu sistem tahunan?

Sistem tahunan adalah sistem dimana siswa melanjutkan belajar secara terus menerus selama satu tahun. Dibandingkan dengan sistem semester, sistem tahun relatif tradisional dan mencakup kurikulum yang lebih besar. Dalam sistem tahunan, ujian diadakan setelah pengajaran berkelanjutan selama satu tahun akademik.

Dalam sistem penilaian ini, siswa biasanya merasa memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan ujian. Selain itu, sistem tahunan relatif hemat biaya karena membutuhkan lebih sedikit pemeriksa. Hal ini menyebabkan pengurangan biaya universitas untuk ujian. Selain itu, sistem satu tahun biasanya memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler serta memberikan kesempatan kepada guru untuk memberikan pengetahuan lebih kepada siswa.

Kesamaan antara sistem semester dan tahunan

  • Sistem semester dan sistem tahunan adalah dua sistem evaluasi utama di universitas.
  • Kedua sistem tersebut meliputi proses belajar mengajar dan proses evaluasi.

Perbedaan antara sistem semester dan tahunan

Definisi

Sistem tahunan mengacu pada sistem pendidikan universitas di mana ujian diadakan setelah satu tahun akademik, sedangkan sistem semester mengacu pada sistem pendidikan di mana ujian diadakan setelah jangka waktu lima atau enam bulan.

Penilaian dan evaluasi

Dalam sistem semester, evaluator terus mengevaluasi siswa. Oleh karena itu, dari sisi siswa, sistem semester lebih baik untuk konsentrasi dan belajar siswa. Ketika datang ke sistem tahunan, ujian diadakan pada setiap akhir tahun akademik. Hal ini sering menempatkan siswa di bawah tekanan akademik.

biaya ujian

Dibandingkan dengan sistem tahunan, sistem semester mahal untuk sebuah universitas.

Hasil ujian

Melalui sistem semester, mahasiswa dinilai secara terus menerus karena ujian diadakan pada setiap akhir semester. Jadi siswa terus mempersiapkan diri setiap hari dan tampil lebih baik dan mendapatkan nilai bagus. Namun, di bawah sistem tahunan, siswa seringkali mulai mempersiapkan ujian tahunan pada saat-saat terakhir, sehingga menghasilkan nilai yang lebih rendah.

Hasil

Perbedaan utama antara sistem semester dan tahunan adalah pada sistem semester evaluasi akhir dilakukan pada setiap akhir semester, sedangkan pada sistem tahunan evaluasi akhir dilakukan pada akhir tahun akademik tertentu. Apalagi dalam sistem semester, mahasiswa terus mempersiapkan diri untuk proses evaluasi setiap hari, sedangkan dalam sistem tahunan, persiapan mahasiswa biasanya dilakukan di menit-menit terakhir.

Referensi:

1. Patel, Charmaine dan John E. Stivers. Kelebihan atau kekurangan istilah sistem dalam pendidikan. waktu belajar saya.
2. Mazumdar, Mumtaz. “Memperkenalkan Sistem Semester di Perguruan Tinggi India.” menyeringai

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Ruang Kuliah Lantai 5 (Kartun)” Oleh Xbxg32000 – (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia
2. “Kelas Buku Wisuda” (CC0) melalui Max Pixel