PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kalian pasti pernah mendengar tentang psikologi sosial dan sosiologi, kan? Nah, kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara kedua bidang tersebut. Jadi, psikologi sosial fokus pada studi tentang bagaimana individu mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungannya, sedangkan sosiologi lebih berkutat pada studi tentang bagaimana masyarakat secara keseluruhan membentuk norma-norma, nilai, dan interaksi sosial. Jadi, kalau psikologi sosial lebih fokus ke individu dalam konteks sosialnya, sosiologi melihat masalah dari perspektif masyarakat sebagai suatu kesatuan. Gimana, udah mulai paham bedanya? Yuk, kita terusin pembahasannya!

ini Perbedaan utama antara psikologi sosial dan sosiologi adalah domain mereka. Psikologi sosial mempelajari bagaimana masyarakat dan lingkungan sosial mempengaruhi perilaku masyarakat, sedangkan sosiologi mempelajari kelompok-kelompok dalam masyarakat dan masyarakat secara keseluruhan untuk menganalisis bagaimana orang berperilaku sebagai bagian dari sistem sosial.

Psikologi sosial dan sosiologi adalah dua disiplin ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan bagaimana manusia berinteraksi dengan dunia. Meskipun bidang-bidang ini memiliki kesamaan, ada beberapa perbedaan antara psikologi sosial dan sosiologi.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu psikologi sosial?
– Definisi, karakteristik, daerah
2. Apa itu sosiologi?
– Definisi, karakteristik, wilayah
3. Kesamaan antara psikologi sosial dan sosiologi
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara psikologi sosial dan sosiologi
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Psikologi sosial, sosiologi

Apa itu psikologi sosial?

Psikologi sosial adalah cabang psikologi yang menggunakan metode ilmiah untuk menyelidiki interaksi sosial, termasuk asal dan pengaruhnya terhadap individu. Ini mencoba menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilaku orang dibentuk dan dipengaruhi oleh orang lain. Singkatnya, psikologi sosial adalah tentang memahami bagaimana lingkungan sosial membentuk dan memengaruhi perilaku orang. Cabang psikologi ini mempelajari berbagai topik seperti perilaku kelompok, kepemimpinan, persepsi sosial, agresi, prasangka, hubungan, dan perilaku non-verbal.

Psikolog sosial menggunakan metode penelitian dasar dan terapan untuk melakukan penelitian pada individu dan kelompok sosial. Menggunakan metode penelitian dasar, mereka berfokus pada sifat dasar manusia dan mengajukan pertanyaan tentang pikiran, perasaan, dan perilaku orang. Misalnya, seorang psikolog sosial mungkin meneliti apa yang membuat seseorang menjalin persahabatan dengan orang lain atau apa yang membuat seseorang terlibat konflik dengan orang lain. Penelitian terapan, di sisi lain, berfokus pada situasi tertentu dalam kehidupan manusia—misalnya, kesehatan, pendidikan, atau bisnis.

Apa itu sosiologi?

Sosiologi adalah ilmu sosial yang berfokus pada interaksi manusia, hubungan manusia, struktur sosial dan organisasi sosial. Bidang ini mencakup studi tentang bidang-bidang seperti pengembangan, struktur, organisasi, unit, institusi dan peran sosial orang, dll. Juga, mata pelajaran sosiologi dari level mikro (seperti individu dan keluarga) ke level makro sistem dan struktur sosial

Kelas sosial, stratifikasi sosial, mobilitas sosial, hak, dll. Adalah bidang yang dipelajari secara tradisional dalam sosiologi. Sekarang telah menyebar ke bidang lain seperti kedokteran, politik, pendidikan, militer dll. Sosiolog juga mempelajari peradaban dan perilaku sosial orang, kelompok, dan budaya. Mempelajari kelompok orang yang berbeda (misalnya kelompok politik atau agama) membantu mereka untuk memeriksa dampaknya terhadap masyarakat dan dampaknya terhadap individu. Sosiologi menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan melalui survei dan sampling.

Kesamaan Antara Psikologi Sosial dan Sosiologi

  • Psikologi sosial dan sosiologi adalah dua disiplin ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan bagaimana manusia berinteraksi dengan dunia.
  • Keduanya mempelajari interaksi sosial dan hubungan manusia.

Perbedaan Antara Psikologi Sosial dan Sosiologi

Definisi

Psikologi sosial adalah cabang psikologi yang mempelajari interaksi sosial termasuk asal-usul dan pengaruhnya terhadap individu dengan menggunakan metode ilmiah, sedangkan sosiologi adalah ilmu sosial yang berfokus pada interaksi manusia, hubungan manusia, struktur dan organisasi sosial.

Fokus

Sementara psikologi sosial berfokus pada individu, sosiologi berfokus pada kelompok sosial dan masyarakat.

Jangkauan

Psikologi sosial mempelajari bagaimana masyarakat dan lingkungan sosial mempengaruhi perilaku masyarakat, sedangkan sosiologi mempelajari kelompok-kelompok dalam masyarakat dan masyarakat secara keseluruhan untuk menganalisis bagaimana orang berperilaku sebagai bagian dari sistem sosial.

Jalur pendidikan

Untuk menjadi seorang psikolog sosial, mahasiswa harus belajar psikologi atau sosiologi di tingkat sarjana dan kemudian mendapatkan gelar master di bidang psikologi. Namun, untuk menjadi seorang sosiolog, mereka membutuhkan gelar di bidang sosiologi.

Hasil

Perbedaan utama antara psikologi sosial dan sosiologi adalah ruang lingkupnya. Psikologi sosial mempelajari bagaimana masyarakat dan lingkungan sosial mempengaruhi perilaku masyarakat, sedangkan sosiologi mempelajari kelompok-kelompok dalam masyarakat dan masyarakat secara keseluruhan untuk menganalisis bagaimana orang berperilaku sebagai bagian dari sistem sosial.

Referensi:

1. Ceri, Kendra. “Tinjauan bidang psikologi sosial.” Pikiran yang sangat baik.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Divisi psikologi sosial” diasumsikan oleh Lucidish~commonswiki – tidak ada sumber yang dapat dibaca mesin. Karya sendiri diasumsikan (berdasarkan klaim hak cipta). (CC BY 2.5) melalui Wikimedia Commons
2. “Sosiologi-Kolektif-Sosial-Personal-Group-5131433” (CC0) melalui Max Pixel