PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 25, 2024

Hai, guys! Kalian pernah nggak denger istilah penugasan dan penilaian? Kalau iya, kalian pasti bingung apa bedanya, kan? Nggak perlu khawatir, aku bakal jelasin dengan gaya bahasa santai biar lebih seru! Jadi, penugasan itu kayak tugas-tugas yang dikasih guru atau dosen buat kita kerjain. Misalnya, ngerjain PR, bikin presentasi, atau laporan. Nah, penilaian itu lebih ke proses penilaian hasil kerja kita. Guru atau dosen bakal ngasih nilai berdasarkan kualitas tugas yang udah kita kerjain. Jadi, penugasan itu kayak langkah awal, sedangkan penilaian itu kayak hasil akhirnya gitu. Jadi, jangan sampai mikir penugasan sama penilaian itu sama ya, guys!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Itu antara tugas dan penilaiannya Pekerjaan rumah mengacu pada penugasan tugas atau serangkaian tugas yang ditandai dan dinilai sementara aPenilaian mengacu pada metode untuk menentukan apakah siswa telah mencapai hasil belajar atau berada di jalur untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Penugasan dan evaluasi adalah dua konsep penting dalam pendidikan modern. Meskipun kedua kata ini mirip, mereka memiliki arti yang berbeda. Tugas adalah tugas mata kuliah atau tugas yang diharapkan untuk diselesaikan oleh siswa. Di sisi lain, evaluasi mengacu pada metode untuk mengukur kemajuan siswa. Terkadang, tugas dapat berfungsi sebagai alat penilaian.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa tugasnya?
– Definisi, tujuan, karakteristik
2. Apa itu penilaian?
– Definisi, karakteristik
3. Perbedaan antara penugasan dan penilaian
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pekerjaan rumah, penilaian

Apa tugasnya?

Tugas adalah tugas yang diberikan kepada siswa oleh guru sekolah atau profesor universitas. Dengan kata lain, penugasan mengacu pada penugasan tugas atau serangkaian tugas yang ditandai dan dinilai. Pekerjaan rumah adalah bagian penting dari pendidikan dasar, menengah dan tinggi.

Tugas memiliki beberapa tujuan, yang dijelaskan di bawah ini:

– Memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang mata pelajaran yang dipelajari

– Mengembangkan keterampilan belajar dan pemahaman siswa

– Membantu siswa dalam belajar mandiri

– Mengembangkan keterampilan penelitian dan analisis

– Mengajar siswa manajemen waktu dan organisasi

– Memecahkan masalah atau keraguan siswa tentang mata pelajaran apa pun

– Meningkatkan kreativitas siswa

Umumnya, guru memberikan tugas tersebut ke sekolah untuk diselesaikan di rumah setelah jangka waktu tertentu. Jangka waktu yang ditentukan mungkin tergantung pada sifat pekerjaan. Contoh tugas adalah esai, poster, presentasi, bibliografi beranotasi, resensi buku, ringkasan, bagan, dan grafik. Tugas tertulis mengembangkan kemampuan menulis siswa sementara tugas kreatif seperti membuat poster, bagan dan grafik, dan presentasi meningkatkan kreativitas siswa. Akhirnya, tugas membantu menilai pengetahuan dan keterampilan siswa serta pemahaman mereka tentang materi pelajaran.

Apa itu penilaian?

Penilaian mengacu pada metode untuk menentukan apakah siswa telah mencapai hasil belajar atau berada di jalur untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, ini adalah metode untuk mengukur kemajuan siswa. Penilaian membantu pendidik menentukan apa yang dipelajari siswa dan seberapa baik mereka mempelajarinya, terutama dalam hubungannya dengan hasil belajar yang diharapkan dari suatu pelajaran. Oleh karena itu, membantu instruktur untuk memahami bagaimana siswa memahami pelajaran dan menentukan perubahan apa yang harus dilakukan dalam proses pengajaran. Selain itu, penilaian berfokus pada pembelajaran dan pengajaran dan dapat disebut sebagai proses interaktif. Terkadang, tugas dapat berfungsi sebagai alat penilaian.

Ada dua jenis evaluasi utama, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Penilaian formatif terjadi selama proses pembelajaran, sedangkan penilaian sumatif terjadi pada akhir suatu satuan pembelajaran. Kuis, diskusi, dan meminta siswa menulis ringkasan pelajaran adalah contoh penilaian formatif, sedangkan tes akhir unit, tes semester, dan tugas akhir adalah contoh penilaian sumatif. Selain itu, penilaian formatif bertujuan untuk memantau pembelajaran siswa sedangkan penilaian sumatif bertujuan untuk menilai pembelajaran siswa.

Perbedaan antara penugasan dan penilaian

Definisi

Penugasan mengacu pada penugasan suatu tugas atau serangkaian tugas yang ditandai dan dinilai, sedangkan penilaian mengacu pada metode untuk menentukan apakah siswa telah mencapai hasil belajar atau berada di jalur untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dasar

Assignment adalah tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa, sedangkan assessment adalah cara untuk menilai kemajuan mahasiswa.

Target

Selain itu, penugasan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada siswa tentang mata pelajaran yang dipelajari dan mengembangkan keterampilan belajar dan pemahaman siswa. Tetapi tujuan utama evaluasi adalah untuk memantau dan mengevaluasi pembelajaran dan kemajuan siswa.

Hasil

Assignment adalah tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa, sedangkan asesmen mengacu pada cara mengevaluasi kemajuan mahasiswa. Inilah perbedaan utama antara penugasan dan penilaian. Terkadang, tugas juga bisa berfungsi sebagai alat penilaian.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Anak sekolah yang berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan rumah dan duduk di meja” (CC0) via Pexels
2. “Evaluasi” oleh Nick Youngson (CC BY-SA 3.0) Gambar Stok Alfa