PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara penelitian formal dan informal. Jadi, pada dasarnya penelitian formal adalah penelitian yang dilakukan dengan metode yang terstruktur dan teratur. Biasanya, penelitian formal ini dilakukan oleh para akademisi, mahasiswa, atau peneliti profesional yang menggunakan kerangka kerja ilmiah yang baku. Mereka melakukan pengumpulan data dengan cara yang sistematis, menggunakan alat-alat penelitian yang canggih, dan menganalisis hasilnya secara mendalam.

Sedangkan, penelitian informal lebih santai dan tidak terikat dengan kerangka kerja ilmiah yang ketat. Biasanya, penelitian informal dilakukan oleh orang-orang biasa seperti kita-kita ini. Contohnya, saat kita mencari informasi di internet, bertanya kepada teman atau keluarga, atau bahkan membuat survei sederhana di media sosial. Penelitian informal ini lebih fleksibel dan tidak terlalu rumit, tapi tetap bisa memberikan kita pemahaman yang cukup tentang suatu topik.

Jadi, perbedaan utama antara penelitian formal dan informal terletak pada metode, tingkat keformalan, dan penggunaan alat-alat penelitian. Tetapi, baik penelitian formal maupun informal memiliki nilai pentingnya masing-masing dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita. Nah, itu dia sedikit pembukaan tentang perbedaan antara penelitian formal dan informal. Yuk, kita lanjutkan pembahasannya!

ini Perbedaan utama antara penelitian formal dan informal Ini karena penelitian formal menggunakan metode ilmiah dan kami dapat menerapkan temuannya ke kelompok yang lebih besar. Sedangkan penelitian informal menggunakan metode non-ilmiah dan kita hanya bisa menerapkan temuannya pada kelompok yang lebih kecil.

Penelitian melibatkan pengumpulan data dan informasi tentang topik tertentu. Selain itu, penelitian dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum sebagai penelitian formal dan penelitian informal. Sebelum melakukan studi penelitian, selalu penting untuk memutuskan seberapa formal atau rinci studi Anda nantinya.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu penelitian formal?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu penelitian informal?
– Definisi, karakteristik
3. Perbedaan penelitian formal dan informal
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Riset informal, riset formal

Apa itu penelitian formal?

Penelitian formal adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan pendekatan sistematis dan metode ilmiah. Kajian penelitian formal biasanya mencakup beberapa komponen: abstrak, pendahuluan, tinjauan literatur, desain dan metodologi penelitian, hasil dan analisis, kesimpulan, bibliografi. Secara umum, penelitian formal lebih bersifat ilmiah daripada penelitian informal dan bertujuan untuk menemukan informasi baru atau memecahkan suatu masalah. Selalu gunakan sumber yang up-to-date dan terpercaya. Selain itu, sumber informasi yang digunakan dalam penelitian telah diadaptasi menggunakan sistem referensi.

Peneliti biasanya memulai studi penelitian formal dengan hipotesis. Kemudian, mereka dengan ketat menguji hipotesis ini. Mereka juga meninjau dan menganalisis literatur yang ada tentang topik penelitian mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempelajari topik penelitian dari berbagai perspektif dan mengakui berbagai masalah yang perlu dipecahkan. Dibandingkan dengan penelitian informal, penelitian formal cenderung objektif atau tidak memihak. Ini terjadi terutama karena penelitian formal menggunakan metode ilmiah yang melibatkan informasi objektif. Jika penelitian melibatkan partisipan, misalnya dalam survei atau wawancara, peneliti harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari mereka. Selain itu, kami dapat menerapkan temuan penelitian formal ke khalayak yang lebih luas.

Apa itu penelitian informal?

Penelitian informal adalah penggunaan metode non-ilmiah untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Karena penelitian ini menggunakan metode non-ilmiah, temuannya tidak dapat diterapkan pada khalayak yang lebih luas. Banyak dari kita melakukan penelitian informal secara teratur. Misalnya, melakukan survei sederhana, wawancara informal dengan audiens target, mencari pendapat rekan kerja, mencari catatan perusahaan, dll. Semuanya merupakan metode pengumpulan data non-ilmiah dan oleh karena itu merupakan bentuk penelitian informal.

Penelitian informal tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Ini biasanya hanya melibatkan pemeriksaan beberapa informasi atau pengumpulan beberapa data. Misalnya, Anda berencana membeli laptop baru. Anda akan menanyakan pendapat kolega Anda dan Anda dapat memeriksa beberapa situs web dan ulasan untuk mengetahui lebih banyak tentang merek laptop. Keputusan Anda di sini akan didasarkan pada penelitian informal. Tetapi penting untuk mengetahui bahwa informasi ini mungkin subjektif. Selain itu, karena ini adalah penyelidikan informal, Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang sumber informasinya.

Perbedaan antara penelitian formal dan informal

Definisi

Penelitian formal adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan pendekatan sistematis dan metode ilmiah, sedangkan penelitian informal adalah penggunaan metode non-ilmiah untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Bahan dan metode

Sementara penelitian formal menggunakan metode ilmiah, penelitian informal menggunakan metode non-ilmiah

Waktu dan usaha

Penelitian informal membutuhkan lebih sedikit waktu dan usaha daripada penelitian formal.

objektivitas

Investigasi formal lebih objektif atau tidak memihak daripada investigasi informal.

Referensi

Penting untuk membuat daftar sumber informasi dalam penyelidikan formal, tetapi penyelidikan informal tidak mengikuti prosedur ini.

Penerapan temuan

Temuan penelitian formal dapat diterapkan pada kelompok yang lebih besar, sedangkan temuan penelitian informal hanya dapat diterapkan pada kelompok yang lebih kecil.

Hasil

Penelitian formal adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan pendekatan sistematis dan metode ilmiah, sedangkan penelitian informal adalah penggunaan metode non-ilmiah untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Selain itu, penyelidikan formal lebih objektif atau tidak memihak daripada penyelidikan informal. Jadi, inilah perbedaan utama antara penelitian formal dan informal.

Referensi:

1. “3.1: Memilih Metode Penelitian.” Komunikasi Profesional, Buku Pers ECampus, 1 September 2019.
2. Jhonson, Ryan. “Melihat Lebih Dekat Jenis Penelitian dan Pelaporan.” Memasarkan dua sungai

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Ikon Survei Online” Oleh Tungilik – Pekerjaan sendiri (CC0) melalui Wikimedia Commons
2. “Vektor adegan penelitian” Oleh Videoplasty.com (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia