PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 25, 2024

Halo sobat pembaca! Kamu pasti sering denger kan istilah penelitian dan investigasi? Nah, kali ini kita mau bahas nih apa sih bedanya antara penelitian dan investigasi. Jadi, penelitian itu tuh kayak cerita detektif gitu, kita harus mengumpulkan informasi dan data secara sistematis untuk menjawab pertanyaan atau menguak misteri. Sedangkan investigasi lebih fokus pada pengungkapan fakta-fakta yang terjadi dalam suatu kejadian atau kasus. Jadi, penelitian itu lebih mirip ngeliat dari sudut pandang yang lebih luas, sementara investigasi itu lebih ke detilnya. Nah, sekarang udah paham kan bedanya? Yuk, kita eksplorasi lebih jauh lagi!

ini Perbedaan utama antara penelitian dan investigasi Hal ini karena penyelidikan mungkin kurang formal dan sistematis daripada studi penelitian dan karena itu lebih mudah dilakukan.

Inkuiri adalah proses menemukan jawaban atas pertanyaan dan mungkin melibatkan berbagai prosedur, tergantung pada disiplinnya. Di sisi lain, penelitian adalah pemeriksaan dan studi sistematis dan formal terhadap bahan dan sumber untuk memastikan fakta dan mencapai hasil baru.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu kueri?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu penelitian?
– Definisi, karakteristik
3. Kesamaan Antara Penelitian dan Penelitian
– Garis besar fitur umum
3. Perbedaan antara penelitian dan investigasi
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Penelitian, penelitian

Apa itu kueri?

Inkuiri secara sederhana dapat digambarkan sebagai proses menemukan jawaban atas pertanyaan. Tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untuk memecahkan masalah, memecahkan keraguan atau menambah pengetahuan. Subjek atau bidang yang berbeda mungkin memiliki jenis kueri yang berbeda. Inkuiri dalam mata pelajaran ilmiah dan inkuiri dalam mata pelajaran artistik biasanya menghasilkan produk yang berbeda. Misalnya, penelitian di bidang kedokteran berbeda dengan penelitian di bidang ilmu sosial. Namun terlepas dari perbedaan tersebut, proses bertanya dan menemukan jawaban atas pertanyaan di bidang ini serupa. Selain itu, ini menyediakan lensa untuk memeriksa pertanyaan ini.

Penyelidikan ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu dapat menghasilkan produk seperti presentasi, artikel, karya seni, poster, laporan lapangan, dll. Elemen terpenting dari inkuiri adalah mengajukan pertanyaan, mengeksplorasi jawaban atau solusi, mengatasi masalah, dan berbagi jawaban. bentuk yang tepat

Apa itu penelitian?

Penelitian merupakan kajian mendetail yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistematik dan metode ilmiah. Sebuah studi penelitian biasanya mencakup beberapa komponen: abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, desain dan metodologi penelitian, hasil dan analisis, kesimpulan, daftar pustaka. Peneliti biasanya memulai studi penelitian formal dengan hipotesis. Kemudian, mereka dengan ketat menguji hipotesis ini. Mereka juga meninjau dan menganalisis literatur yang ada tentang topik penelitian mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempelajari topik penelitian dari berbagai perspektif dan mengakui berbagai masalah yang perlu dipecahkan.

Ada berbagai jenis penelitian, dua kategori utama di antaranya adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Ada juga studi penelitian campuran yang mencakup unsur-unsur penelitian kuantitatif dan kualitatif. Menurut metode penelitian dan desainnya, penelitian dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif, penelitian eksplorasi, penelitian longitudinal, penelitian cross-sectional, dll.

Selain itu, penelitian harus selalu objektif atau tidak memihak. Selain itu, jika penelitian melibatkan partisipan, misalnya dalam survei atau wawancara, peneliti harus selalu memastikan bahwa persetujuan tertulis mereka diperoleh terlebih dahulu.

Kesamaan Antara Riset dan Riset

  • Tujuan dari keduanya adalah untuk menambah pengetahuan.
  • Baik penelitian maupun penelitian dapat mencakup studi sistematis.
  • Selain itu, mungkin ada tumpang tindih antara pertanyaan penelitian dan studi.
  • Terkadang, investigasi suatu masalah dapat berbentuk studi penelitian.

Perbedaan riset dan investigasi

Definisi

Penelitian adalah proses menemukan jawaban atas pertanyaan, sedangkan penelitian adalah pemeriksaan dan studi sistematis dan formal terhadap bahan dan sumber untuk menetapkan fakta dan mencapai kesimpulan baru.

Alam

Studi penelitian adalah penelitian yang lebih sistematis dan formal. Oleh karena itu, survei mungkin lebih mudah dilakukan daripada studi penelitian.

Sasaran

Tujuan utama penyelidikan adalah untuk memecahkan masalah, menyelesaikan keraguan, atau menambah pengetahuan, sedangkan tujuan utama dari studi penelitian mungkin termasuk mengumpulkan informasi baru atau menguji teori.

Hasil

Singkatnya, inkuiri adalah proses menemukan jawaban atas pertanyaan dan mungkin melibatkan prosedur yang berbeda, tergantung disiplinnya. Di sisi lain, penelitian adalah pemeriksaan dan studi formal dan teratur terhadap bahan dan sumber untuk memastikan fakta dan mencapai hasil baru. Perbedaan utama antara inkuiri dan penelitian adalah bahwa inkuiri mungkin kurang formal dan sistematis daripada studi penelitian dan karena itu lebih mudah dilakukan.

Referensi:

1. “Apa itu kueri?” Studi sarjana di Penn State.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “tanya-tanya-tidak diketahui-kata sandi-511568” (CC0) melalui Pixabay
2. “1457639” (CC0) melalui Pxhere