PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara pendidikan khusus terpadu dan pendidikan inklusif. Mungkin sebagian dari kalian udah denger tentang kedua konsep ini, tapi ada juga yang baru pertama kali mendengarnya. Jadi, mari kita bahas satu per satu ya. Pendidikan khusus terpadu adalah pendekatan di mana anak-anak dengan kebutuhan khusus diajar dalam kelas-kelas khusus yang terpisah dari anak-anak normal. Sedangkan, pendidikan inklusif adalah konsep di mana semua anak, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus, diajar bersama dalam satu kelas. Nah, tentunya ada perbedaan besar antara kedua konsep ini. Yuk, kita lanjutin pembahasannya!

ini Perbedaan utama antara pendidikan khusus terpadu dan pendidikan inklusif bahwa pendidikan luar biasa adalah sistem pendidikan tersendiri yang memenuhi kebutuhan anak berkelainan di luar pendidikan reguler, sedangkan pendidikan terpadu dan pendidikan inklusif terjadi dalam lingkungan di mana siswa berkebutuhan khusus belajar bersama teman sebayanya yang tidak berkebutuhan khusus.

Dalam pendidikan khusus, layanan dan dukungan yang dibutuhkan oleh seorang siswa mungkin berbeda dengan kebutuhan siswa lainnya. Pendidikan khusus mengambil pendekatan individual dan berfokus pada penyediaan sumber daya yang dibutuhkan siswa untuk maju dalam pendidikan. Situasinya sangat berbeda di kelas terpadu, karena dukungan tambahan yang diperlukan untuk memfasilitasi adaptasi siswa terhadap kurikulum reguler disediakan. Situasi ini berubah lebih jauh ketika datang ke pendidikan inklusif. Kelas inklusif umumnya menerima pola belajar siswa yang berbeda-beda dan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan unik dan individual setiap siswa.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu pendidikan khusus?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu pendidikan terpadu?
– Definisi, karakteristik
3. Apa itu pendidikan inklusif?
– Definisi, karakteristik
4. Kesamaan antara pendidikan khusus terpadu dan pendidikan inklusif
– Garis besar fitur umum
5. Perbedaan antara pendidikan khusus terpadu dan pendidikan inklusif
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pendidikan inklusif, pendidikan terpadu, pendidikan khusus, kebutuhan khusus

Apa itu pendidikan khusus?

Pendidikan luar biasa mencakup berbagai layanan dalam berbagai setting dengan menggunakan berbagai metode untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan berbagai kemampuan yang tidak dapat dipenuhi di kelas reguler. Para profesional pendidikan juga menggunakan istilah “pendidikan kebutuhan khusus” sebagai istilah alternatif untuk pendekatan ini. Pendekatan ini didasarkan pada asumsi bahwa anak penyandang disabilitas memiliki kebutuhan khusus dan harus belajar di lingkungan yang berbeda dengan anak lain yang memiliki kebutuhan serupa.

Namun, ini tidak berarti bahwa anak-anak berkebutuhan khusus ditempatkan terpisah di ruang kelas sepanjang waktu. Misalnya, beberapa siswa mungkin menghabiskan sebagian besar waktunya di kelas umum. Mereka mungkin membutuhkan fasilitas khusus untuk belajar bersama rekan-rekan mereka di kelas reguler. Beberapa mungkin hanya menghabiskan beberapa jam di ruang sumber di bawah pengawasan seorang spesialis, sementara yang lain mungkin perlu menghadiri sekolah lain yang berspesialisasi dalam mengajar anak-anak dengan ketidakmampuan belajar. Singkatnya, kebutuhan khusus anak menentukan sifat pendidikan (kurikulum, lingkungan, dll.).

Apa itu pendidikan terpadu?

Singkatnya, dalam lingkungan kelas yang terintegrasi, siswa berkebutuhan khusus belajar bersama rekan pendidikan umum mereka. Namun, siswa dengan kemampuan berbeda mendapatkan dukungan yang cukup dari guru pendidikan kebutuhan khusus untuk beradaptasi dengan kurikulum reguler. Terkadang, program pendidikan khusus terpisah juga diadakan di ruang kelas umum. Singkatnya, ruang kelas terpadu menempati guru pendidikan umum dan guru pendidikan khusus.

Dalam sistem pendidikan terpadu, siswa berkebutuhan khusus cenderung memperoleh keterampilan sosial sesuai usianya dengan mengikuti teladan teman sebayanya dalam pendidikan umum. Selain itu, ruang kelas yang terintegrasi menciptakan lingkungan yang menantang bagi siswa penyandang disabilitas. Akibatnya, para siswa ini belajar untuk menjadi lebih mandiri. Demikian pula, fakta bahwa mereka mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam apa yang dilakukan rekan non-disabilitas mereka akan berdampak positif pada kepercayaan diri mereka.

Apa itu pendidikan inklusif?

Dalam sistem pendidikan inklusi, semua siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler menikmati manfaat yang sama. Selain itu, juga membutuhkan partisipasi yang jelas. Dibandingkan dengan sistem pendidikan khusus, pendidikan inklusi tidak hanya berfokus pada siswa berkebutuhan khusus tetapi juga pada orang lain. Oleh karena itu, kami menganggap pendekatan inklusif sebagai “pendidikan untuk semua”.

Dalam sistem ini, siswa tidak harus mengikuti pendidikan reguler. Sebaliknya, sekolah berubah untuk memenuhi kebutuhan semua orang. Oleh karena itu, ini menyambut beragam gaya dan kecepatan belajar siswa. Selain itu, menggunakan teknik yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Apalagi dibandingkan dengan sistem pendidikan khusus dan terpadu, inklusi jauh lebih progresif karena menolak hambatan yang menghambat siswa dan mendorong partisipasi inklusif.

Kesamaan antara pendidikan khusus terpadu dan pendidikan inklusif

  • Sistem pelatihan ini bisa dibilang kurang efektif dalam memberikan hasil yang diharapkan. Hal ini terutama disebabkan oleh gaya dan kecepatan belajar yang berbeda antara siswa berkebutuhan khusus dan siswa umum.
  • Tujuan dari ketiga sistem pendidikan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda.
  • Pendidikan khusus, terpadu dan inklusif dapat dilakukan di ruang kelas utama.

Perbedaan antara pendidikan khusus terpadu dan pendidikan inklusif

Definisi

Pendidikan luar biasa adalah sistem pendidikan yang menjawab kebutuhan anak berkelainan di luar pendidikan reguler. Pendidikan terpadu diberikan di kelas umum di mana siswa berkebutuhan khusus belajar bersama teman sebayanya yang tidak cacat. Pendidikan inklusif adalah sistem di mana semua siswa berkebutuhan khusus, serta siswa umum, menerima manfaat yang sama dan merangkul keragaman siswa dan berubah sesuai dengan itu.

Mendekati

Dalam sistem pendidikan khusus, pendekatannya lebih berpusat pada orang, di mana metode dan konten pengajaran dirancang secara individual sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, dalam kelas terpadu, siswa berkebutuhan khusus diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan kurikulum umum. Lebih penting lagi, kelas inklusif mengikuti pendekatan “pendidikan untuk semua”.

Tingkat tantangan

Dibandingkan dengan pendidikan luar biasa dan pendidikan inklusi, pendidikan inklusi lebih menantang bagi siswa berkebutuhan khusus karena mengharuskan mereka menyesuaikan diri dengan kurikulum umum.

Pengaturan

Pendidikan terpadu dan pendidikan inklusif dilakukan di kelas umum. Tetapi pendidikan khusus dapat dilakukan di kelas umum, ruang sumber atau bahkan di sekolah khusus. Pengaturan tergantung pada kebutuhan siswa.

Perkuat kepercayaan diri

Pendidikan terpadu dan pendidikan inklusif membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa berkebutuhan khusus karena memberi mereka kesempatan untuk tinggal di kelas bersama teman sebayanya. Sebaliknya, dalam pendidikan luar biasa yang berlangsung di lingkungan tersendiri, siswa berkebutuhan khusus mulai beradaptasi dengan budaya tersendiri. Akibatnya, mungkin sulit bagi mereka untuk menyesuaikan kembali dan berintegrasi dengan keluarga, teman sebaya, dan komunitas mereka.

Hasil

Perbedaan utama antara pendidikan luar biasa dan pendidikan inklusif adalah bahwa sistem pendidikan khusus menggunakan pendekatan individual yang berpusat pada siswa, sedangkan pendidikan inklusif mencoba mendorong siswa penyandang disabilitas untuk menjadi bagian dari kelompok yang lebih besar, dan sistem inklusif untuk ” “Pendidikan untuk semua Selain itu, dibandingkan dengan pendidikan luar biasa, pendidikan terpadu dan pendidikan inklusif lebih menjanjikan dalam meningkatkan harga diri dan konsep diri siswa berkebutuhan khusus.

Referensi:

1. “Manfaat Blended Learning Kerja Bagi Siswa.” Pikirkan Samudra Pasifik
2. “Pendidikan inklusif: mengetahui apa yang kita maksud”. OpenLearn.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Proses Pendidikan Khusus” Oleh Disarnot – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Wikimedia Commons
2. “Integrasi-kebutuhan-khusus-keanekaragaman-5192458” (CC0) melalui Pixabay