PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum. Mungkin sebagian dari kalian udah pada tahu, tapi gak ada salahnya kita ulas lagi, kan? Jadi, pendidikan khusus itu lebih fokus ke anak-anak yang punya kebutuhan khusus, misalnya anak dengan gangguan belajar atau kecacatan fisik. Nah, sedangkan pendidikan umum itu lebih universal, buat semua anak yang gak punya kebutuhan khusus. Jadi, intinya pendidikan khusus tuh lebih spesifik dan disesuaikan dengan kebutuhan anak, sementara pendidikan umum tuh lebih umum dan dirancang untuk semua anak. Jadi, gitu deh perbedaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum. Mudah-mudahan jelas ya, teman-teman!

ini Perbedaan utama antara pendidikan luar biasa dan umum adalah bahwa pendidikan khusus adalah sistem pendidikan terpisah yang dirancang untuk kebutuhan anak-anak dengan kemampuan berbeda, sedangkan pendidikan umum adalah untuk siswa yang kurang cacat fisik atau mental dan biasanya berkembang. .

Pendidikan khusus berbeda dari pendidikan umum terutama dalam dua hal. Ini menggunakan metode dan teknik pengajaran yang berbeda. Selain itu, ia mempekerjakan para profesional dengan keterampilan khusus seperti guru spesialis, terapis okupasi, fisioterapis, terapis wicara, pekerja sosial, dll., Yang berbeda dari guru kelas umum biasa.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu pendidikan khusus?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu pendidikan umum?
– Definisi, karakteristik
3. Kesamaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pendidikan, pendidikan umum, pendidikan khusus

Apa itu pendidikan khusus?

Program pendidikan khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki keterbelakangan fisik, mental, emosional, atau sosial yang membuat mereka tertinggal dari teman sebayanya. Dengan kata lain, sistem pendidikan ini melibatkan siswa berkebutuhan khusus dan karenanya disebut “berkebutuhan khusus”.

Guru pendidikan khusus harus fokus pada siswa secara individu, di mana mereka harus menyesuaikan kurikulum mereka dengan kebutuhan masing-masing anak. Tugas utama mereka adalah memberikan dukungan dan pelatihan untuk memfasilitasi partisipasi siswa berkebutuhan khusus. Selain itu, pendidikan khusus tidak selalu berlangsung di ruang kelas tradisional. Seorang guru pendidikan khusus mungkin harus bekerja dalam berbagai pengaturan termasuk ruang kelas tradisional, di luar ruang kelas tradisional, di ruang sumber, dll. Pendidikan khusus harus memiliki kemampuan untuk bekerja dengan siswa di luar kelas tradisional. Lingkungan kerja yang berbeda memungkinkan memenuhi kebutuhan yang berbeda dari populasi siswa yang lebih luas dengan kebutuhan khusus.

Teknik pengajaran pendidikan khusus

Berbeda dengan sistem pendidikan umum, pada sistem pendidikan khusus guru menggunakan teknik mengajar yang berbeda. Strategi pendidikan ini dapat berupa modifikasi atau adaptasi. Satu tempat tinggal Ini adalah adaptasi logis dan praktis dari metode pengajaran di mana siswa mempelajari konten yang sama tetapi dalam format yang lebih mudah diakses. A mengubahDi sisi lain, ia menyesuaikan konten pendidikan sedemikian rupa sehingga kompleksitasnya menjadi lebih sedikit. Misalnya, dalam sistem pendidikan khusus yang dimodifikasi, siswa berkebutuhan khusus mungkin membutuhkan lebih sedikit informasi daripada siswa reguler. Mereka mungkin menerima tugas atau tugas yang lebih sederhana dan lebih pendek dibandingkan dengan siswa yang kurang menantang. Demikian pula, siswa berkebutuhan khusus diperbolehkan menggunakan kalkulator sementara siswa lainnya tidak. Selain itu, bahkan siswa dengan kecepatan belajar yang lebih lambat dapat menerima lebih banyak waktu pekerjaan rumah untuk memfasilitasi pemahaman mereka tentang pertanyaan.

Apa itu pendidikan publik?

Pendidikan reguler adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pengalaman pendidikan anak-anak yang sedang berkembang secara khas — anak-anak yang kurang memiliki tantangan mental, fisik, emosional, atau sosial. Dibandingkan dengan sistem pendidikan khusus, pendidikan umum dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa masyarakat umum. Oleh karena itu, pendekatan individual yang berpusat pada anak tidak terlihat di kelas pendidikan umum.

Berfokus pada tanggung jawab guru pendidikan umum, peran utamanya adalah merancang, merencanakan, mengoordinasikan, merencanakan, dan mengevaluasi kurikulum pendidikan umum dan hasil pendidikan dalam lingkungan kelas yang aman dan inklusif. Singkatnya, mereka bertanggung jawab atas pengembangan, implementasi, dan evaluasi siswa di kelas umum mereka.

Selain itu, di kelas pendidikan umum, siswa sering menerima instruksi seluruh kelompok. Metode pengajaran meliputi ceramah, penulisan, diskusi, proyek kelompok, studi kasus, dan proyek siswa mandiri.

Kesamaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum

  1. Baik sistem pendidikan khusus maupun umum mencakup instruktur, konten akademik, metode pengajaran yang berbeda, dan lingkungan fisik.
  2. Selain itu, pendidikan khusus dan pendidikan umum dapat berlangsung di kelas reguler.
  3. Kesamaan dapat ditemukan dalam konten akademik mereka.

Perbedaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum

Definisi

Pendidikan khusus adalah sistem pendidikan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang memiliki kemampuan berbeda, sedangkan pendidikan umum melayani siswa yang kurang cacat fisik atau mental dan biasanya berkembang.

Lingkungan belajar mengajar

Pendidikan umum diselenggarakan di dalam kelas reguler, sedangkan pendidikan khusus dapat diselenggarakan di dalam atau di luar kelas reguler.

Guru

Tidak seperti ruang kelas pendidikan umum, ruang kelas pendidikan khusus membutuhkan lebih banyak profesional dengan keterampilan khusus seperti guru spesialis, terapis okupasi, terapis fisik, terapis wicara, pekerja sosial, dll., di luar guru kelas umum reguler.

Strategi pendidikan

Kelas pendidikan khusus menggunakan strategi instruksional seperti adaptasi dan modifikasi. Ini tidak terlihat di dalam kelas reguler, di mana semua siswa mengikuti kurikulum dan instruksi yang sama.

Mendekati

Berbeda dengan sistem pendidikan umum, pendekatan individual yang berpusat pada anak diimplementasikan dalam sistem pendidikan khusus

Hasil

Singkatnya, perbedaan utama antara pendidikan umum dan pendidikan khusus adalah bahwa pendidikan umum melibatkan pengalaman pendidikan siswa yang biasanya berkembang dan kurang menantang, sementara sistem pendidikan khusus memenuhi kebutuhan siswa yang secara mental, fisik, mereka memiliki masalah emosional atau sosial. Akibatnya, memperlambat proses belajar mereka. Namun, kedua sistem pendidikan tersebut bertujuan untuk memberikan pendidikan yang sesuai kepada siswa, dengan mempertimbangkan gaya dan kecepatan belajar mereka yang berbeda.

Referensi:

1. Ho, Fook Chuen dan Sissy Ching Lam. Pendidikan khusus dan pendidikan terpadu di Hong Kong. Oxford Research Encyclopedia of Education.
2. Pendidikan umum. Gambaran topik ScienceDirect.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “2787754” (CC0) melalui Pixabay
2. “Dua anak laki-laki, duduk, kursi, bersandar, meja, dua anak laki-laki, di kursi, siswa, ruang kelas” (CC0) via Pxfuel