PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kita pasti pernah mendengar tentang pembelajaran kolaboratif dan kolaboratif, kan? Nah, kali ini kita mau bahas tentang perbedaan di antara keduanya nih. Jadi, pembelajaran kolaboratif itu sebenarnya adalah suatu metode belajar di mana kita bekerja sama dengan teman-teman sekelas dalam menyelesaikan tugas atau proyek. Jadi, intinya adalah kerja sama untuk mencapai tujuan belajar yang sama. Sedangkan kalau kita bicara tentang kolaboratif, itu lebih ke arah kerja sama dalam dunia kerja atau proyek-proyek yang lebih besar. Jadi, bisa dibilang pembelajaran kolaboratif itu adalah salah satu bentuk dari kolaboratif yang lebih luas. Nah, jadi sekarang teman-teman udah bisa membedakan antara pembelajaran kolaboratif dan kolaboratif, kan? Yuk, kita lanjutin pembahasannya!

ini Perbedaan utama antara pembelajaran kooperatif dan kooperatif Artinya, dalam pembelajaran kooperatif, instruktur menugaskan setiap anggota kelompok siswa dengan tanggung jawab untuk meningkatkan prestasi akademik orang lain, sedangkan dalam pembelajaran kooperatif, siswa dapat berkumpul dan bekerja sebagai tim dalam suatu proyek tertentu.

Ketika datang ke pembelajaran kooperatif, setiap peserta kelompok siswa menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk mendukung anggota lain untuk memahami dan bergerak maju. Sederhananya, dalam pembelajaran kolaboratif, setiap siswa tidak hanya bertanggung jawab atas pertumbuhannya sendiri, tetapi sama-sama bertanggung jawab atas pertumbuhan sesama anggotanya. Namun, dalam lingkungan belajar kolaboratif, setiap siswa tidak hanya harus bertanggung jawab atas pekerjaan masing-masing, tetapi juga bertanggung jawab atas kemajuan dan pencapaian akhir dari keseluruhan proyek sebagai sebuah tim.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu pembelajaran kolaboratif?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu pembelajaran kolaboratif?
– Definisi, karakteristik
3. Kemiripan – pembelajaran kooperatif dan kooperatif
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara pembelajaran kolaboratif dan kooperatif
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif

Apa itu pembelajaran kolaboratif?

Pembelajaran kolaboratif mencakup saling ketergantungan siswa dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Akibatnya, akuntabilitas menjadi elemen terpenting dari pembelajaran kooperatif.

Struktur pembelajaran kooperatif sama sekali berbeda dengan struktur pembelajaran kooperatif. Ini terutama karena dalam pembelajaran kooperatif, instruktur merancang dan menyusun semua kegiatan dan menugaskan setiap siswa peran tertentu dalam menyelesaikan kegiatan yang diberikan. Oleh karena itu, dalam lingkungan belajar kooperatif, siswa tidak diperbolehkan bekerja dengan perangkat pribadinya untuk mencari informasi yang diperlukan untuk konten tersebut. Sebaliknya, instruktur memberi mereka informasi yang mereka butuhkan atau mengarahkan siswa ke sumber informasi yang relevan. Selain itu, instruktur berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan mendengarkan, mengamati, dan bahkan mengintervensi diskusi siswa.

Apa itu pembelajaran kolaboratif?

Pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran di mana setiap siswa membuat kemajuan individu saat bekerja sebagai sebuah tim. Dalam pembelajaran kooperatif, instruktur menyusun metode sedemikian rupa sehingga siswa dapat beradaptasi dan mengelola proses tanpa menerima bimbingan atau instruksi lebih lanjut. Ada beberapa manfaat pembelajaran kooperatif. Siswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek perbedaan baik dalam diri mereka sendiri maupun orang lain, bekerja secara individu dan bersama-sama. Ini memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan rasa saling menghormati terhadap perbedaan-perbedaan ini dan mendorong mereka untuk belajar menggunakan perbedaan-perbedaan ini demi keuntungan mereka.

Jika berfokus pada desain proses pembelajaran kooperatif, mirip dengan pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif juga memiliki struktur kelompok. Namun tidak seperti pembelajaran kolaboratif, siswa mengatur pekerjaan mereka sendiri dan membagi pekerjaan di antara mereka sendiri. Peran guru dalam pembelajaran kooperatif sangat terbatas pada peran mengawasi siswa kecuali bantuan guru diminta oleh siswa.

Kesamaan Antara Pembelajaran Kooperatif dan Kooperatif

  • Pembelajaran kolaboratif dan kooperatif adalah dua mode pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
  • Kedua jenis metode pembelajaran tersebut melibatkan instruktur dan siswa.

Perbedaan antara Pembelajaran Kooperatif dan Kooperatif

Definisi

Pembelajaran kolaboratif adalah metode pengajaran di mana instruktur mempercayakan setiap anggota kelompok siswa dengan tanggung jawab untuk meningkatkan kinerja akademik orang lain. Pembelajaran kooperatif adalah metode pengajaran di mana siswa dibiarkan berkumpul dan bekerja sebagai tim dalam proyek tertentu.

Partisipasi pelatih

Dalam pembelajaran kooperatif, partisipasi guru lebih terlihat daripada partisipasi terbatas guru dalam lingkungan pembelajaran kooperatif.

Penilaian dan evaluasi

Dalam pembelajaran kooperatif, siswa menilai diri sendiri, tidak seperti pembelajaran kooperatif di mana guru meninjau dan mengevaluasi pekerjaan dan memberikan poin kepada siswa.

Hasil

Perbedaan utama antara pembelajaran kolaboratif dan kolaboratif adalah bahwa pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran kelompok terstruktur di mana anggota kelompok siswa bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja akademik orang lain, sedangkan pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran kelompok terstruktur yang didalamnya, para anggota kelompok siswa bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja akademik orang lain. Setiap siswa mencapai kemajuan dan berkembang secara bersamaan sebagai sebuah tim.

Referensi:

1. “Pembelajaran kooperatif”. Pusat Pelatihan Inovasi.
2. Zook, Chris. “Apa itu pembelajaran kolaboratif dan bagaimana cara kerjanya?” Kurikulum digital untuk CTE dan guru pilihan.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Siswa-Komputer-Laptop-Tersenyum” (CC0) melalui Pixabay