PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

Hai, pembaca! Kita pasti sering mendengar kata “majalah” dalam kehidupan sehari-hari, kan? Tapi, apa sih sebenarnya perbedaan antara majalah dan majalah? Nggak usah bingung, karena saya bakal jelasin dengan gaya bahasa yang santai dan gak formal ini. Jadi, mari kita simak bersama-sama, ya!

ini Perbedaan utama Antara publikasi dan majalah adalah audiens mereka. Terbitan berkala dapat ditulis untuk khalayak umum atau ilmiah, sedangkan jurnal untuk Penonton ilmiah

Dua istilah berkala dan majalah terkait erat satu sama lain. Majalah berkala mengacu pada publikasi yang diterbitkan secara berkala. Majalah, surat kabar, buletin, dan jurnal adalah jenis majalah. Jurnal adalah jenis publikasi yang ditulis untuk khalayak ilmiah.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu periode?
– Definisi, fitur, konten
2. Apa itu majalah?
– Definisi, fitur, konten
3. Apa persamaan antara terbitan berkala dan majalah?
– Garis besar fitur umum
3. Apa perbedaan antara terbitan berkala dan majalah?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Majalah, majalah, akademik, ilmiah

Apa itu periodik?

Jurnal adalah nama generik yang mengacu pada publikasi yang diterbitkan secara berkala. Majalah, surat kabar, buletin, dan jurnal ilmiah adalah jenis terbitan berkala. Setiap terbitan berkala berisi kumpulan artikel yang unik dan tidak ada terbitan yang persis sama. Selain itu, sebuah terbitan memiliki nomor, dan semua terbitan dalam satu tahun merupakan bagian dari sebuah volume, yang juga diberi nomor. Inilah mengapa ketika kita mengutip artikel tertentu dari jurnal, majalah, atau surat kabar, kita harus mengutip nomor dan nomor sampul. Ini membantu pembaca untuk menemukan publikasi yang relevan lebih cepat.

Audiens dari banyak publikasi adalah audiens umum yang tidak memiliki pengetahuan dan pelatihan di bidang tertentu. Majalah dapat memiliki jenis konten yang berbeda. Misalnya, majalah dapat memiliki bagian seperti wawancara, ulasan, berita, dan berbagai jenis artikel. Selain itu, jurnal yang ditulis untuk audiens ilmiah disebut jurnal.

Apa itu majalah?

Di universitas, jurnal adalah publikasi ilmiah. Ini adalah kumpulan artikel yang ditulis oleh para peneliti, profesor dan profesional lainnya. Jurnal biasanya fokus pada disiplin atau bidang studi tertentu. Misalnya, jurnal kesehatan, jurnal sastra, dll. Faktanya, jurnal ditujukan untuk khalayak akademis atau teknis, bukan pembaca umum. Selain itu, jurnal tersedia di media cetak atau sebagai publikasi online.

Artikel dalam jurnal biasanya berisi penelitian asli. Selain itu, mereka tunduk pada peer review. Jurnal juga fokus pada perkembangan terkini di lapangan, mengutip karya lain yang relevan, dan memuat bibliografi.

Selain itu, majalah diterbitkan secara teratur. Misalnya, bulanan, triwulanan, tahunan, dll. Selain itu, mereka memiliki nomor urut. Setiap majalah adalah masalah. Serangkaian masalah memberikan volume. Secara umum, setiap tahun memiliki volume tersendiri.

Kesamaan Antara Majalah dan Majalah

  • Baik terbitan berkala maupun majalah diterbitkan secara teratur: mingguan, bulanan, triwulanan, dll.
  • Mereka juga memiliki jumlah dan volume tertentu.
  • Selain itu, mereka berisi kumpulan artikel.

Perbedaan antara majalah dan majalah

Definisi

Terbitan berkala adalah terbitan yang diterbitkan secara berkala, sedangkan jurnal adalah terbitan ilmiah yang terbit secara teratur.

Alam

Surat kabar, jurnal, dan harian adalah jenis majalah, sedangkan jurnal adalah publikasi ilmiah.

hadirin

Audiens publikasi adalah khalayak umum dan khalayak majalah, peneliti, peneliti, dan mahasiswa.

isi

Selain itu, terbitan berkala dapat berisi berbagai jenis konten, sedangkan jurnal berisi penelitian asli yang ditulis oleh para ahli.

Bahasa

Majalah memiliki bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sedangkan majalah memiliki bahasa teknis atau akademis.

Hasil

Terbitan berkala adalah terbitan yang diterbitkan secara berkala sedangkan jurnal adalah terbitan ilmiah yang terbit secara teratur. Faktanya, jurnal adalah jenis publikasi yang ditulis untuk khalayak ilmiah. Oleh karena itu, inilah perbedaan utama antara publikasi dan majalah.

Referensi:

1. “Apa itu periodikal?” Perpustakaan Elmer E. Rasmuson, tersedia di sini.
2. “Apa itu majalah?” Universitas Victoria, tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus dan Akademik, 2017” Oleh Universitas Nice, Serbia – (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia
2. “1174419” oleh MichaelGaida (CC0) melalui Pixabay