PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kita sering mendengar istilah literasi informasi dan literasi media, tapi apa sih sebenarnya perbedaannya? Nah, kali ini kita bakal bahas tentang hal itu. Jadi, literasi informasi itu lebih fokus ke kemampuan kita dalam mencari, menemukan, dan mengelola informasi yang kita butuhkan. Misalnya, gimana cara mencari sumber yang kredibel, bagaimana memilah-milah informasi yang bermutu, dan bagaimana menyusun informasi tersebut dengan baik dan benar. Sedangkan literasi media, lebih ke kemampuan kita dalam memahami, menganalisis, dan mengkritisi berbagai media yang ada. Kita jadi lebih paham tentang pesan-pesan yang ingin disampaikan, bagaimana media mempengaruhi cara kita berpikir, dan juga bagaimana kita bisa menjadi konsumen media yang cerdas. Jadi, intinya, literasi informasi dan literasi media itu saling terkait, tapi punya fokus yang berbeda. Yuk, kita eksplorasi lebih jauh tentang hal ini!

ini Perbedaan utama antara literasi informasi dan literasi media Literasi informasi adalah kemampuan untuk mengenali kebutuhan akan informasi dan menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif untuk memecahkan suatu masalah, sedangkan literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi, memanipulasi, dan memproduksi media dalam berbagai jenis. Formulir.

Literasi media dan literasi informasi adalah dua keterampilan yang sangat penting di era digital modern ini. Namun, ada banyak tumpang tindih antara istilah-istilah ini. Selain itu, gabungan kedua istilah/keterampilan ini menghasilkan literasi informasi dan media.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu literasi informasi?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu literasi media?
– Definisi, fitur, manfaat
3. Perbedaan antara literasi informasi dan literasi media
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Literasi informasi, literasi media

Apa itu literasi informasi?

The American Library Association mendefinisikan literasi informasi sebagai “serangkaian kemampuan yang mengharuskan individu untuk” mengenali kapan informasi dibutuhkan dan untuk dapat menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi tersebut secara efektif.” Evaluasi secara kritis dan gunakan informasi tersebut secara etis untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, untuk benar-benar melek informasi, kita harus mengembangkan kesadaran tentang cara berinteraksi dengan dunia digital, cara menemukan makna dalam informasi yang ditemukan, cara menggunakan informasi secara etis, dan cara mengevaluasi informasi untuk validitas dan reliabilitas. Selain itu, kita juga harus memahami peran yang kita mainkan dalam komunikasi.

Faktanya, kita hidup di era informasi dan memiliki akses ke banyak sumber informasi, termasuk Internet, televisi, radio, yang tersedia untuk kita 24 jam sehari. Namun, penting untuk dipahami bahwa hanya karena begitu banyak informasi tersedia dengan mudah dan cepat melalui sumber-sumber ini, tidak semua informasi ini akurat atau berharga.

Literasi media adalah istilah umum yang mencakup praktik-praktik yang memungkinkan individu mengakses, mengevaluasi, memanipulasi, dan memproduksi media dalam berbagai bentuk. Pada dasarnya, literasi media dapat membantu seseorang berpikir kritis terhadap apa yang mereka dengar, lihat, atau baca di media. Lebih lanjut, istilah media di sini mengacu pada semua jenis media termasuk surat kabar, majalah, buku, radio, televisi, film, musik, video game, iklan, serta internet.

Literasi media mencakup kemampuan untuk memecahkan kode pesan media (memahami pesan serta media), mengevaluasi dampak pesan terhadap perasaan, pikiran, dan perilaku seseorang, dan menciptakan media yang bijaksana dan bertanggung jawab. Selain itu, literasi media pembelajaran memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi siswa.

Manfaat literasi media

  • Membantu dengan pemikiran kritis (terutama saat mengevaluasi pesan dan media)
  • Ini membantu untuk memahami sudut pandang yang berbeda
  • Ini mengajarkan bagaimana membuat media yang bertanggung jawab
  • Mengajarkan bagaimana menjadi konsumen informasi dan produk yang cerdas
  • Ini membantu untuk mengidentifikasi peran media dalam budaya
  • Ini membantu untuk memahami tujuan pencipta media

Definisi

Literasi informasi adalah kemampuan untuk mengenali kebutuhan akan informasi dan menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif untuk memecahkan suatu masalah, sedangkan literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi, memanipulasi, dan memproduksi media dalam berbagai bentuk.

Alam

Selain itu, literasi informasi mencakup pemahaman di mana menemukan informasi dan bagaimana mengevaluasinya (fakta vs opini) dan menggunakannya secara efektif. Di sisi lain, literasi media meliputi bagaimana media bekerja dan bagaimana media diproduksi.

bidang

Literasi informasi agak terkait dengan ilmu perpustakaan, sedangkan literasi media lebih terkait dengan industri media, konten media, dan efek sosial.

Hasil

Perbedaan utama antara literasi informasi dan literasi media adalah bahwa literasi informasi adalah kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan akan informasi dan menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif untuk memecahkan suatu masalah, sedangkan literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi, memanipulasi. , dan produksi media dalam berbagai bentuk.

Referensi:

1. “Apa itu literasi media dan mengapa itu penting?” Media akal sehat
2. “Apa itu literasi informasi?” Panduan penelitian.
3. “Apa itu literasi media?” Literasi media sekarang Mendukung Pendidikan Literasi Media, 29 Oktober 2020.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Analisis Data dan Informasi” (CC0) melalui StockVault
2. “Ikon-jaringan-internet-sosial” (CC0) melalui Pixabay