PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara literasi dan pendidikan. Jadi, pada dasarnya, literasi dan pendidikan adalah dua hal yang berbeda meskipun terkait erat. Pendidikan mengacu pada proses formal di mana kita belajar di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Di sini, kita mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari guru-guru yang ahli di bidangnya. Sedangkan literasi lebih mengacu pada kemampuan kita dalam membaca, menulis, dan memahami informasi yang ada di sekitar kita. Jadi, pendidikan itu seperti bahan bakar yang memberi kita pengetahuan, sedangkan literasi adalah kemampuan kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, semoga dengan penjelasan ini kita bisa membedakan antara literasi dan pendidikan ya!

ini Perbedaan utama antara literasi dan pendidikan Artinya, literasi mengacu pada kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis, sedangkan pendidikan mengacu pada proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai, moral, kebiasaan, dan kepercayaan.

Orang sering menyamakan melek huruf, kemampuan membaca dan menulis, dengan pendidikan. Namun, kedua istilah ini tidak identik. Pendidikan mengacu pada perkembangan keseluruhan seseorang dalam hal pengetahuan, kecerdasan, perilaku dan kepekaan. Oleh karena itu, literasi hanyalah salah satu langkah menuju pendidikan.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu literasi?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu pendidikan?
– Definisi, karakteristik
3. Kesamaan antara literasi dan pendidikan
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara literasi dan pendidikan
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pendidikan, literasi

Apa itu literasi?

Dalam arti yang lebih luas, literasi mengacu pada kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dengan cara yang memungkinkan komunikasi yang jelas dan efektif. Namun, pemahaman literasi dapat bervariasi dari budaya ke budaya. Misalnya, dalam tradisi tertulis bahasa Inggris, pemahaman bacaan merupakan keterampilan literasi yang sangat diperlukan, padahal mungkin tidak diperlukan untuk masyarakat yang jarang membaca tulisan.

Jika Anda seorang pelajar, Anda membutuhkan literasi untuk menangani kehidupan sehari-hari Anda. Jika Anda tidak memiliki keterampilan melek huruf, Anda tidak akan dapat berprestasi di sekolah, Anda akan dikeluarkan dari pasar kerja, dan sebagai orang tua, Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk membantu anak Anda mengerjakan tugas sekolah. Yang terpenting, jika Anda adalah orang yang terpelajar, Anda dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif, mengikuti peristiwa terkini, dan memahami masalah yang membentuk dunia kita.

Pengembangan literasi berlangsung baik di sekolah maupun di rumah. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan literasi anak Anda, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendorong kebiasaan membaca dan membuatnya semakin sering menggunakan perpustakaan, karena membiarkan anak-anak membacakan berbagai macam teks kepada mereka Itu memungkinkan mereka untuk menemukan dan memperluas literasi mereka. Keterampilan.

Apa itu pendidikan?

Pendidikan mengacu pada transfer nilai dan pengetahuan dari satu orang ke orang lain. Dalam pengertian ini, ini mirip dengan konsep umum dalam ilmu sosial, “kulturisasi”.

Anak-anak dilahirkan tanpa rasa budaya. Oleh karena itu, pendidikan berfungsi untuk membimbing mereka dalam memperoleh budaya, membentuk perilaku mereka dan akhirnya membimbing mereka untuk memainkan peran utama mereka dalam masyarakat. Namun, dalam budaya yang paling primitif, pendidikan formal hampir tidak tersedia di lingkungan belajar formal, seperti sekolah dengan ruang kelas dan guru. Sebaliknya, bagi mereka, seluruh lingkungan tempat mereka tinggal memberi mereka pelatihan yang cukup dan membuat mereka memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup di lingkungan itu.

Seiring waktu berkembang, masyarakat mulai menjadi lebih kompleks. Hal ini membuat manusia menemukan metode transfer pengetahuan dan transmisi budaya yang lebih efisien dan efektif. Hasilnya adalah fasilitas dengan guru yang memberikan pelatihan formal.

Kesamaan Antara Literasi dan Pendidikan

  1. Literasi hanyalah salah satu langkah menuju pendidikan. Oleh karena itu, literasi dapat dianggap sebagai bagian dari pendidikan.
  2. Literasi merupakan faktor penting untuk mengukur tingkat pendidikan di suatu negara.

Perbedaan literasi dan pendidikan

Definisi

Literasi umumnya mengacu pada kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis. Pendidikan mengacu pada keseluruhan proses perkembangan seseorang dan mencakup perolehan pengetahuan, nilai, etika, keterampilan, kebiasaan, dan kepercayaan.

Fungsi

Pendidikan membantu membuat manusia lebih bijak dan memberinya kemampuan untuk membedakan antara yang benar dan yang salah. Sebaliknya, literasi hanyalah langkah menuju pendidikan. Literasi tidak selalu bisa membuat orang menjadi lebih bijak.

Sifat jangka panjang

Seperti yang pernah dikatakan Frederick W. Robertson, melek huruf bisa dilupakan, tapi pendidikan tidak bisa. Misalnya, banyak dari kita yang tahu cara membuat kue, tetapi tidak semua dari kita dikenal sebagai tukang roti. Untuk menjadi pembuat roti, Anda harus memiliki pengalaman bertahun-tahun dan praktik yang baik.

Hasil

Singkatnya, perbedaan utama antara literasi dan pendidikan adalah literasi mencakup kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis, sedangkan pendidikan mengacu pada pengembangan penuh seseorang dalam hal pengetahuan, perilaku, dan kepekaan. Tetapi jika seseorang terpelajar, jika dia tidak memiliki pendidikan yang layak, kemungkinan besar tindakan dan perilakunya tidak mencerminkan perilaku orang yang terpelajar dan bijaksana. Oleh karena itu, literasi tidak memiliki nilai tanpa pendidikan yang layak.

Referensi:

1. “Manfaat pendidikan”. Kemitraan Global untuk Pendidikan
2. “Apa itu literasi?” Yayasan Literasi Nasional.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Peta Literasi Global UNHD 2007 2008” Oleh Sbw01f – Milik Sendiri (CC BY 3.0) melalui Wikimedia Commons
2. “Anak laki-laki-anak-anak-senang-duduk-286245” (CC0) melalui Pixabay