PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini, kita akan bahas tentang perbedaan antara kutipan teks dan referensi. Pasti kalian pernah dengar dua istilah ini, kan? Nah, jangan bingung ya, karena sebenarnya perbedaannya cukup sederhana. Kutipan teks, seperti namanya, adalah potongan teks yang diambil langsung dari sumber aslinya. Jadi, misalnya kita mau mengutip pendapat atau tulisan seseorang, kita bisa mencantumkan kutipan teks itu dalam tulisan kita. Sedangkan referensi, ya itu adalah daftar atau kumpulan sumber yang kita gunakan untuk mendukung tulisan kita. Biasanya, referensi ini berisi buku, jurnal, artikel, atau website yang kita pakai sebagai acuan. Jadi, intinya kutipan teks itu adalah potongan langsung dari sumbernya, sedangkan referensi itu adalah daftar sumber yang kita pakai. Mudah, kan? Jadi, sekarang kalian udah tahu bedanya, jangan lupa untuk selalu mencantumkan kutipan teks dan referensi dengan baik dan benar dalam tulisan kalian, ya!

ini Perbedaan utama antara kutipan teks dan referensi Artinya, kutipan dalam teks adalah referensi singkat di badan artikel, sedangkan referensi adalah daftar kutipan yang memberikan informasi lengkap kepada pembaca tentang sumber asli yang muncul di bagian akhir artikel.

Kutipan dalam teks biasanya menyertakan nama belakang penulis, tanggal publikasi, dan/atau nomor halaman sumber. Bibliografi adalah versi terperinci dari kutipan dalam teks yang membantu mendukung pekerjaan penelitian dengan literatur yang sesuai dan memuji penulis aslinya.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa yang dikutip dalam teks
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu referensi?
– Definisi, karakteristik
3. Kesamaan antara kutipan dan referensi dalam teks
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara kutipan teks dan referensi
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Dalam kutipan teks, referensi

Apa yang dikutip dalam teks

Dalam teks, kutipan adalah referensi singkat yang kami tempatkan di teks utama artikel. Kutipan dalam teks biasanya menyertakan kutipan sumber, kutipan, bagan, gambar, video, atau tabel. Sederhananya, penulis menggunakan kutipan dalam teks untuk menunjukkan bahwa informasi tertentu berasal dari sumber eksternal. Praktik ini memberikan penghargaan kepada penulis asli dari ide atau argumen tersebut dan juga membantu mencegah plagiarisme. Kutipan dalam teks biasanya diapit oleh tanda kurung. Dalam kutipan dalam teks, kami biasanya mencantumkan nama belakang penulis dan tahun publikasi. Terkadang, kami menyebutkan nomor halaman, terutama jika itu adalah ekstrak langsung.

Kutipan dalam teks juga disebut referensi tanda kurung. Kutipan dalam teks adalah simbol pendek dalam karya ilmiah yang mengarahkan pembaca ke referensi di akhir artikel, yang memberi pembaca implikasi penuh dari sumber. Oleh karena itu, semua penulis atau publikasi yang dikutip dalam teks harus dicantumkan dalam daftar referensi.

Apa referensinya?

Referensi adalah daftar kutipan lengkap. Umumnya, itu berisi rincian lengkap dari semua sumber yang dikutip dalam karya ilmiah. Ini termasuk nama penulis, judul buku atau artikel, tahun publikasi, penerbit, nomor halaman, dll. Penulis biasanya menyediakan daftar referensi abjad. Referensi umumnya dimulai dengan nama penulis. Di bawah ini adalah contoh teks akademik dengan gaya APA.

Pearlman, CC (2003). evaluasi kinerja: Rancang tugas kinerja yang sesuai dan rubrik penilaian. Carolina Utara: AS

Namun, jika ada karya tanpa pengarang, kami biasanya mengutip karya tersebut dengan judul. Dalam kasus seperti itu, kita harus menempatkan item referensi tersebut dalam daftar referensi abjad, dengan fokus pada frase judul yang paling menonjol.

Sementara kutipan dalam teks muncul di badan karya ilmiah, daftar referensi muncul di akhir karya intelektual tertentu. Jika kita ingin merujuk lebih dari satu sumber ilmiah dari penulis yang sama, kita harus mencantumkan karya-karya tersebut dalam urutan kronologis dan menyebutkan edisi pertama terlebih dahulu. Selain itu, cara kita menulis referensi bergantung pada gaya kutipan yang kita gunakan.

Kesamaan antara kutipan dan referensi dalam teks

  • Kutipan dalam teks dan daftar referensi dimaksudkan untuk memberikan kredit kepada penulis asli atau penulis dan mencegah plagiarisme.
  • Selain itu, keduanya memungkinkan pembaca untuk merujuk ke sumber asli.

Perbedaan antara kutipan dalam teks dan referensi

Definisi

In-text citation adalah referensi singkat yang digunakan penulis dalam teks artikel ilmiah, sedangkan referensi adalah daftar kutipan lengkap yang muncul di bagian akhir artikel.

Menggunakan

Sementara kutipan dalam teks memberi tahu pembaca tentang sumber asli gagasan dan tahun publikasi, referensi memberi tahu pembaca tentang sumber informasi yang lengkap.

Penentuan posisi

Kutipan dalam teks muncul di tubuh karya ilmiah, sedangkan daftar referensi muncul di akhir karya.

Rincian disediakan

Selain itu, kutipan dalam teks biasanya menyertakan penulis dan tahun publikasi sumber. Tetapi daftar referensi berisi semua detail yang tersedia tentang sumber utama tertentu: nama penulis, judul buku atau artikel, tahun publikasi, nomor halaman, dll.

Hasil

Perbedaan utama antara kutipan dalam teks dan referensi adalah bahwa kutipan dalam teks adalah referensi singkat yang digunakan penulis di badan artikel ilmiah, sedangkan referensi adalah daftar kutipan lengkap yang muncul di akhir artikel. Namun, dalam kutipan dalam teks dan bibliografi, tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan kepada penulis sumber asli dari mana ide atau argumen diambil, dan untuk menghindari plagiarisme dalam bentuk apa pun.

Referensi:

1. “Referensi”. Asosiasi Psikologi Amerika.
2. “Panduan Kutipan MLA (MLA Edisi ke-8): Kutipan Dalam Teks”. Kutipan Dalam Teks – Panduan Kutipan MLA (Edisi MLA ke-8) – Panduan Perpustakaan di University of Nevada, Reno.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Referensi Ilmiah” oleh Mike Thelwall, Stephanie Hastin, Vincent Lariviere, Cassidy R. Sugimoto (artikel). Finn Årup Nielsen (foto halaman). – Apakah Altmetrics berfungsi? Twitter dan sepuluh layanan web sosial lainnya. (CC BY 4.0) melalui Wikimedia Commons