PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 25, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara kompetensi dan keterampilan. Nih, sering banget kan denger kata-kata itu? Tapi apakah kalian tahu bedanya? Yuk, kita simak bareng-bareng! Jadi, kompetensi tuh merujuk ke pengetahuan, pemahaman, dan kualifikasi yang dimiliki seseorang dalam suatu bidang. Misalnya, kamu bisa dibilang kompeten dalam bahasa Inggris kalau kamu punya pengetahuan yang memadai tentang tata bahasa, kosakata, dan juga bisa berkomunikasi dengan baik. Sedangkan, keterampilan itu lebih ke kemampuan praktis yang bisa kamu tunjukkan dalam tindakan nyata. Misalnya, kamu bisa dibilang memiliki keterampilan dalam memasak kalau kamu bisa membuat masakan yang enak dan sesuai dengan resep yang ada. Jadi, intinya kompetensi itu lebih ke pengetahuan dan pemahaman, sedangkan keterampilan itu lebih ke kemampuan praktis yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mudah kan? Yuk, kita terusin pembahasannya!

ini Perbedaan utama antara kompetensi dan keterampilan Artinya, keterampilan adalah bakat dan kemampuan yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu, sedangkan kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang membuat Anda sukses dalam suatu pekerjaan.

Keterampilan dan kompetensi adalah dua istilah yang biasa kita temui saat mencari pekerjaan. Meskipun istilah-istilah ini tampak sinonim, ada perbedaan mencolok antara kompetensi dan keterampilan.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu kompetensi?
– Definisi, sifat, contoh
2. Apa itu keterampilan?
– Definisi, sifat, contoh
3. Hubungan antara kompetensi dan keterampilan
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara kompetensi dan keterampilan
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Kompetensi, keterampilan, kemampuan

Apa keterampilannya?

Keterampilan adalah bakat atau keahlian yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Kami juga dapat menggambarkannya sebagai keterampilan yang Anda peroleh melalui pelatihan atau pengalaman. Ada berbagai jenis keterampilan seperti keterampilan sosial, keterampilan kepemimpinan, keterampilan analitis dan keterampilan organisasi. Berbagai jenis keterampilan membantu kita dalam situasi yang berbeda. Ketika kita berbicara tentang pekerjaan, kita mengkategorikan keterampilan menjadi soft skill dan hard skill. Hard skill adalah keterampilan yang berkaitan dengan pengetahuan dan pelatihan teknis, sedangkan soft skill adalah sifat kepribadian atau sikap perilaku yang diperlukan di tempat kerja.

Selalu penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak dapat mengembangkan keterampilan tanpa latihan. Misalnya, Anda tidak dapat mengembangkan keterampilan sosial tanpa berinteraksi dengan orang—dengan berbicara, mendengarkan, dan mengamati orang. Kami hanya bisa menguasai keterampilan melalui trial and error. Misalnya, Anda sedang belajar berenang. Pertama kali Anda mencobanya, Anda tidak akan memiliki keterampilan apa pun, tetapi Anda mungkin tahu cara berenang (secara teori). Sebagian besar dari kita tidak dapat menguasai suatu keterampilan saat pertama kali mencobanya—butuh waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk menguasainya.

Apa kualifikasinya?

Kompetensi dapat dengan sederhana didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan tugas secara efektif dan berhasil. Ini adalah konsep yang jauh lebih luas daripada keterampilan. Kompetensi mencakup keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan dan menggabungkannya ke dalam perilaku yang menunjukkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan kata lain, mereka menggambarkan bagaimana seseorang secara efektif melakukan tugas pekerjaan atau mencapai tujuan yang diinginkan.

Kompetensi merupakan perpaduan antara keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan. Kompetensi terdiri dari berbagai jenis, seperti kompetensi kepemimpinan, kompetensi teknis, dan kompetensi perilaku. Kompetensi inti adalah kompetensi yang dibutuhkan setiap karyawan yang sukses untuk dipromosikan dalam suatu organisasi.

Hubungan antara kompetensi dan keterampilan

  • Kompetensi adalah konsep yang jauh lebih luas daripada keterampilan. Mereka adalah kombinasi dari keterampilan, pengetahuan dan kemampuan

Perbedaan antara kompetensi dan keterampilan

Definisi

Keterampilan adalah kemampuan yang dipelajari yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu, sedangkan kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang membuat Anda sukses dalam suatu pekerjaan.

Alam

Keterampilan menunjukkan bakat atau kemampuan seperti apa yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan pekerjaan tertentu, sedangkan kompetensi menunjukkan bagaimana suatu pekerjaan dilakukan secara efektif dan berhasil.

Contoh

Manajemen akun, pemrograman komputer, dan penulisan tender adalah keterampilan yang dapat Anda pelajari di tempat kerja, sedangkan pemecahan masalah, negosiasi, dan perencanaan strategis adalah contoh kompetensi.

Hasil

Perbedaan utama antara kompetensi dan keterampilan adalah bahwa keterampilan adalah bakat dan kemampuan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu, sedangkan kompetensi mengacu pada kemampuan untuk melakukan tugas secara efektif dan berhasil. Singkatnya, kompetensi mengacu pada kombinasi keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan.

Referensi:

1. “Definisi Kompetensi – Apa itu Kompetensi?” Panduan Studi Manajemen MSG.
2. “Contoh keterampilan”. Artikel dan sumber sampel

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Kecakapan Hidup” Oleh Sharkey134~enwiki – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Wikimedia Commons
2. “Skill-can-startup-start-up-3371153” (CC0) melalui Pixabay