PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara hubungan internasional dan politik internasional. Kedua istilah ini memang terdengar serupa, tapi sebenarnya ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Jadi, jangan sampai bingung ya! Hubungan internasional lebih cenderung mengacu pada hubungan antara negara-negara yang melibatkan berbagai aspek, seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Sementara itu, politik internasional lebih fokus pada analisis dan studi mengenai kebijakan dan tindakan politik yang dilakukan oleh negara-negara di tingkat global. Jadi, bisa dibilang politik internasional itu adalah bagian dari hubungan internasional yang lebih sempit dan spesifik. Nah, semoga penjelasan ini bisa membantu teman-teman memahami perbedaan antara kedua istilah ini. Yuk, terus belajar dan jangan ragu untuk bertanya jika ada yang belum jelas!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini antara hubungan internasional dan politik internasional Hubungan internasional mencakup politik internasional sementara politik internasional adalah studi analitis tentang pengoperasian kekuatan politik di dalam negara maupun antar negara.

Hubungan internasional yang merupakan studi tentang interaksi politik bangsa-bangsa dan aktor non-negara di arena internasional memiliki landasan yang sama dengan politik internasional. Politik internasional adalah studi tentang politik di berbagai negara di dunia. Namun, keduanya berbeda dalam pendekatan mereka. Tidak seperti politik internasional, hubungan internasional menganalisis hubungan politik dan non-politik antara aktor negara dan non-negara.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu hubungan internasional?
– Definisi, ruang lingkup, karakteristik
2. Apa itu politik internasional?
– Definisi, ruang lingkup, karakteristik
3. Apa hubungan antara hubungan internasional dan politik internasional?
– Garis besar fitur umum
4. Apa perbedaan antara hubungan internasional dan politik internasional?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Akademisi, pendidikan, hubungan internasional, politik internasional, politik

Apa itu hubungan internasional?

Hubungan internasional adalah disiplin akademik yang mengkaji hubungan antara pemerintah serta aktor non-negara di arena internasional. Berdasarkan hal tersebut, ia menganalisis sifat dari interaksi ini (baik politik maupun non-politik), dampaknya terhadap politik dunia dan dinamika manajemen krisis.

Interaksi ini belum tentu bersifat politis, melainkan ekonomi, strategis, dan budaya. Oleh karena itu, dapat diperkenalkan sebagai disiplin ilmu yang menggunakan pengetahuan politik internasional untuk menganalisis secara kritis implikasinya serta usaha mereka di masa depan.

Oleh karena itu, politik internasional merupakan unsur utama dalam hubungan internasional. Namun, itu mencakup bidang studi seperti ekonomi internasional, keamanan, hukum internasional, perdamaian dan penyelesaian konflik yang juga terkait dengan aspek sosial negara. Oleh karena itu, ini didasarkan pada integrasi bidang studi di samping politik internasional. Hubungan internasional mengambil pendekatan untuk melakukan analisis kritis terhadap interaksi berbagai aktor di kancah internasional.

Juga, hubungan internasional, tidak seperti politik internasional sebagai subjek yang unik, bertujuan untuk memberikan solusi analitis untuk mengatasi konflik dan krisis pemerintahan, perselisihan teritorial, mengatasi kondisi perang dan menjaga perdamaian, mengatasi inflasi ekonomi, dll.

Apa itu politik internasional?

Politik internasional adalah bidang akademik yang mengkaji fungsi kekuatan politik di tingkat negara dan di antara negara-negara lain di arena internasional. Oleh karena itu, politik internasional secara singkat adalah studi tentang politik di berbagai negara di dunia. Dengan demikian, tidak hanya mencakup politik lokal suatu negara/bangsa, tetapi juga politik negara lain dan bagaimana agenda politiknya diwujudkan melalui kebijakan dalam dan luar negeri serta interaksinya dengan negara lain.

Oleh karena itu, politik internasional terutama berfokus pada bagaimana kekuatan / kekuasaan politik berfungsi di dalam dan di antara negara-negara di panggung internasional. Oleh karena itu, politik internasional meliputi ilmu politik, sejarah, ekonomi, geografi, yang memberikan kemungkinan untuk mengkaji isu-isu seperti kebijakan luar negeri dan ekonomi, keamanan nasional dan terorisme, hak asasi manusia, konflik etnis, terorisme, pembangunan ekonomi dan politik.

Dengan demikian, politik internasional juga menarik kesimpulan dari upaya politik di masa depan dan dampak interaksi politik ini terhadap pemerintah lain.

Namun, sarjana perintis seperti Hans Morganto menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian dan menekankan fakta bahwa “politik internasional sebagai bagian integral dari hubungan internasional”. Namun demikian, kedua disiplin ilmu tersebut saat ini dipelajari sebagai dua mata pelajaran menurut sumbu utama.

Hubungan antara hubungan internasional dan politik internasional

Hubungan internasional mencakup politik internasional dan menganalisis interaksi para aktor di arena internasional berdasarkan politik mereka. Oleh karena itu, hubungan internasional difokuskan pada politik internasional. Juga, hubungan internasional pada awalnya dipelajari sebagai cabang politik internasional dan sebaliknya, sebelum dipisahkan sebagai disiplin akademis yang terpisah. Namun, mereka sangat terkait konsep akademik dan disiplin.

Perbedaan antara hubungan internasional dan politik internasional

Definisi

Hubungan internasional adalah disiplin akademis yang mempelajari hubungan (baik politik maupun non-politik) antara pemerintah dan aktor non-negara di arena internasional. Di sisi lain, politik internasional adalah disiplin akademik yang mengkaji fungsi kekuatan politik di tingkat negara dan di antara negara-negara lain di arena internasional. Oleh karena itu, inilah perbedaan utama antara hubungan internasional dan politik internasional.

Analisis

Hubungan internasional memberikan analisis mendalam tentang hasil kebijakan dan interaksi antara berbagai aktor di kancah internasional (baik aktor negara maupun non-negara) dan dampaknya terhadap sektor sosial dan ekonomi negara. Ini juga memberikan kemungkinan untuk mengatasi krisis di masa depan dalam semua aspek sosial dalam masyarakat global. Di sisi lain, politik internasional hanya memberikan analisis mendalam tentang operasi kekuasaan dan upaya politik pemerintah lokal dan global di dunia. Oleh karena itu, memberikan kemungkinan untuk memprediksi konsekuensi dari gerakan politik di kancah internasional. Oleh karena itu, ini adalah perbedaan lain antara hubungan internasional dan politik internasional.

Fokus

Fokus juga merupakan perbedaan antara hubungan internasional dan politik internasional. Fokus dalam hubungan internasional lebih luas dan lebih luas dibandingkan dengan politik internasional, sedangkan politik internasional terutama berfokus pada studi tentang bagaimana kekuatan politik beroperasi di dalam dan di luar negara di panggung internasional.

Bagian utama

Selain itu, politik internasional berada di bawah departemen ilmu politik, sedangkan hubungan internasional berada di bawah departemen studi internasional atau bahkan untuk ilmu politik jika tidak ada departemen terpisah.

Hasil

Hubungan internasional dan politik internasional adalah disiplin akademik yang sangat terkait dan hanya ada garis tipis perbedaan antara hubungan internasional dan politik internasional. Namun, hubungan internasional, tidak seperti politik internasional, melangkah lebih jauh, karena menganalisis interaksi antara aktor di panggung internasional sehubungan dengan agenda politik mereka. Oleh karena itu, hubungan internasional memiliki cakupan yang lebih luas daripada politik internasional. Inilah perbedaan antara hubungan internasional dan politik internasional.

Referensi:

1. “Politik Internasional (Master).” Universitas Leiden, tersedia di sini.
2. “Politik internasional”. Departemen Ilmu Politik, tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Seminar Eksekutif Senior 11-18” oleh George C. Marshall Pusat Studi Keamanan Eropa (Domain Publik) via Flickr
2. “Trump dan Kim berjabat tangan di ruang puncak” oleh Sheila Craighead – (Domain Publik) melalui Wikimedia Commons