PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini, kita akan bahas tentang perbedaan antara eLearning dan mLearning. Pasti sudah pada familiar dengan istilah-istilah ini, kan? Nah, eLearning itu singkatan dari electronic learning, yang artinya pembelajaran dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop. Sementara itu, mLearning adalah singkatan dari mobile learning, yang artinya pembelajaran yang dilakukan melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Jadi, intinya, perbedaannya terletak pada perangkat yang digunakan. Elearning lebih fokus pada pembelajaran melalui komputer, sedangkan mLearning lebih fokus pada pembelajaran melalui perangkat mobile. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak paragraf berikutnya!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara eLearning dan mLearning adalah ini E-learning dilakukan melalui laptop dan desktop sedangkan mLearning dilakukan melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.. Berdasarkan platform tersebut, terdapat perbedaan dalam konten dan strukturnya.

E-learning atau e-learning mengacu pada pendidikan melalui media elektronik. mLearning adalah perkembangan yang relatif baru dalam teknologi pendidikan yang melibatkan penggunaan perangkat seluler untuk proses belajar mengajar.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu e-learning?
– Definisi, fitur, manfaat
2. Apa itu mLearning?
– Definisi, karakteristik
3. Apa perbedaan antara eLearning dan mLearning?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

E-learning, e-learning, e-learning, mobile learning

Apa itu e-learning?

Pembelajaran elektronik atau eLearning adalah proses belajar dan mengajar melalui media elektronik. E-learning berlangsung melalui Internet, di mana siswa dapat mengakses materi pembelajaran online kapan saja, di mana saja. Ada dua jenis utama e-learning yaitu pembelajaran sinkron dan pembelajaran asinkron. Concurrent learning mengacu pada pembelajaran yang terjadi secara real time, dengan instruktur dan siswa berinteraksi satu sama lain pada waktu yang sama. Ini terjadi melalui platform seperti ruang obrolan, Skype, dan kelas virtual. Di sisi lain, pembelajaran asinkron dapat dilakukan secara online atau offline. Ini termasuk pelajaran yang disediakan oleh platform seperti email, forum, blog, dan papan diskusi. Ini memberi siswa kesempatan untuk belajar mandiri.

Selain itu, e-learning memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa keuntungannya adalah menghilangkan hambatan geografis, memungkinkan siswa untuk memilih kecepatan dan lingkungan belajar mereka sendiri, dan menghemat uang. Karena siswa tidak harus menghadiri kelas tradisional secara teratur, mereka juga memiliki kesempatan untuk bekerja sambil belajar. Namun, ada juga beberapa kelemahan e-learning. Ini dapat memengaruhi keterampilan komunikasi siswa, menyebabkan isolasi, dan meningkatkan risiko menyontek selama ujian.

Apa itu mLearning?

Mobile learning atau M-learning adalah pembelajaran melalui perangkat mobile. Ini termasuk perangkat genggam seperti tablet dan smartphone. M-learning terutama berfokus pada mobilitas pembelajar saat berinteraksi dengan teknologi portabel. Keuntungan utama M-learning adalah dapat diakses hampir dari mana saja. Berbagi di antara semua orang menggunakan konten yang sama hampir seketika, menghasilkan umpan balik dan panduan langsung.

Kursus m-learning umumnya dirancang untuk layar sederhana dan navigasi sederhana. Oleh karena itu, tidak berisi informasi terperinci atau grafik yang rumit. Informasi diatur ke dalam modul yang lebih kecil, biasanya berisi satu gagasan utama per halaman. Pelajar bahasa dapat mengakses berbagai jenis konten, termasuk video, gambar, dan file audio, melalui pelatihan metrik. Selain itu, durasi pembelajaran suatu modul juga singkat, biasanya antara 3 sampai 10 menit. Meskipun ada perbedaan yang jelas antara e-learning dan e-learning, e-learning dapat dimasukkan ke dalam e-learning.

Perbedaan antara e-learning dan e-learning

Definisi

E-learning adalah bentuk pendidikan dimana belajar dan mengajar dilakukan melalui internet dengan menggunakan perangkat elektronik, sedangkan mLearning adalah bentuk belajar dan mengajar yang melibatkan perangkat mobile.

perangkat dan sistem operasi

Karena e-learning dilakukan melalui komputer pribadi dan laptop, itu termasuk sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac. Sebaliknya, mLearning terjadi melalui perangkat seluler seperti smartphone dan tablet dan termasuk sistem operasi seperti iOS dan Android.

Desain kursus

Kursus e-learning dapat menggunakan tata letak dan modul yang lebih besar dan kompleks, sedangkan kursus mLearning tidak boleh berisi informasi terperinci atau grafik yang rumit. Selain itu, mLearning harus dirancang dengan layar sederhana dan navigasi sederhana.

durasi pembelajaran

Selain itu, mata kuliah atau modul dalam eLearning lebih singkat dibandingkan dengan mata kuliah mLearning. Yang terakhir biasanya memiliki periode antara 3 dan 10 menit.

Target

E-learning mengajarkan siswa keterampilan khusus atau memberikan pengetahuan mendalam dalam bidang atau topik tertentu, sementara mLearning memberi siswa informasi ringkas yang dapat mereka akses saat bepergian.

Hasil

Singkatnya, e-learning dilakukan melalui laptop dan komputer desktop, sedangkan mLearning dilakukan melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Berdasarkan perbedaan platform ini, ada juga perbedaan dalam konten dan strukturnya. Secara umum, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Referensi:

1. “Apa itu M-Learning? Kelebihan dan Kekurangan.” LMS mudah, tersedia di sini.
2. “Apa itu e-learning?” EStudent, tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “pendidikan, sekolah, laptop, tablet, headphone, anak-anak, siswa, elektronik, e-learning, komputer” (CC0) melalui Pxfuel
2. “Pendidikan Seluler” Oleh LordAlex17 – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Wikimedia Commons