PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini, kita akan bahas tentang perbedaan antara data primer dan sekunder. Jadi, data primer itu kayak yang fresh from the oven, langsung dari sumbernya. Misalnya, kita mau ngumpulin data tentang kebiasaan belanja online anak muda, kita bisa langsung ke mereka dan tanya-tanya. Nah, itu data primer.

Sedangkan, data sekunder itu kayak data yang udah ada sebelumnya, yang orang lain udah kumpulin. Misalnya, ada studi tentang kebiasaan belanja online anak muda yang udah dilakukan sebelumnya, nah itu data sekunder.

Jadi, intinya, data primer itu kayak kita jadi detektif yang ngumpulin data baru dari sumbernya langsung, sementara data sekunder itu kayak kita jadi ahli waris yang dapetin data dari orang lain yang udah ngumpulin sebelumnya. Jadi, tergantung situasinya, kita bisa pilih mau pake data yang fresh dari sumbernya langsung atau yang udah ada sebelumnya. Ok, semoga jelas ya perbedaannya!

ini Perbedaan utama antara data primer dan sekunder Artinya, data primer adalah jenis data yang peneliti kumpulkan langsung dari sumber primer, sedangkan data sekunder mengacu pada data yang sudah ada sebelumnya yang dihasilkan oleh peneliti sebelumnya. Selain itu, data yang dikumpulkan melalui sumber primer lebih andal dan akurat daripada data yang dikumpulkan melalui sumber sekunder. Dengan kata lain, data primer lebih andal dan akurat dibandingkan data sekunder.

Ketika datang ke dunia penelitian, pengumpulan data memainkan peran penting. Peneliti menggunakan metode yang berbeda untuk mengumpulkan data, dan semua data yang mereka kumpulkan terbagi dalam dua kategori utama: data primer dan data sekunder.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu data primer?
Definisi, karakteristik
2. Apa itu data sekunder?
Definisi, karakteristik
2. Kemiripan antara data primer dan sekunder
Garis besar fitur umum
3. Perbedaan antara data primer dan sekunder
Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Data primer, data sekunder

Apa itu data primer?

Data primer adalah jenis data yang peneliti kumpulkan langsung dari sumber primer. Seorang peneliti pertama menghasilkan data primer dengan usaha langsung dan dengan mendapatkan pengalaman. Melalui data ini, ia mencoba menganalisis dan menjawab masalah penelitiannya. Data mentah adalah nama lain untuk data primer. Dibandingkan dengan pengumpulan data sekunder, pengumpulan data primer relatif mahal. Hal ini karena membutuhkan lebih banyak sumber daya seperti tenaga kerja dan investasi.

Proses pengumpulan data primer biasanya dilakukan di bawah pengawasan langsung peneliti. Peneliti biasanya menggunakan metode seperti observasi, survei, kuesioner, tes fisik, kuesioner online, wawancara pribadi atau telepon, studi kasus, dan diskusi kelompok terfokus untuk mengumpulkan data primer.

Apa itu data sekunder?

Data sekunder mengacu pada informasi bekas yang telah direkam oleh peneliti selain pengguna untuk tujuan yang berbeda. Data sekunder mencakup sumber data yang tersedia seperti buku, laporan, artikel jurnal, sensus, catatan internal organisasi, situs web, dan publikasi pemerintah.

Dibandingkan dengan data primer, data sekunder lebih mudah diakses. Sehingga tidak banyak membuang waktu dan biaya bagi peneliti. Karena data sekunder dikumpulkan untuk tujuan yang berbeda, mereka mungkin tidak secara langsung menangani masalah penelitian pengguna. Oleh karena itu, dibandingkan dengan data primer, kegunaan, keakuratan, dan relevansi data sekunder dipertanyakan.

Kesamaan antara data primer dan sekunder

  • Data primer dan sekunder adalah dua metode pengumpulan data yang sangat berguna dalam bidang penelitian apa pun.
  • Mereka dipelajari oleh berbagai peneliti untuk mengatasi masalah penelitian mereka.

Perbedaan antara data primer dan sekunder

Definisi

Data primer adalah jenis data yang peneliti kumpulkan langsung dari sumber primer, sedangkan data sekunder mengacu pada data yang sudah ada sebelumnya yang dihasilkan oleh peneliti sebelumnya.

Faktor waktu

Data primer mencakup data waktu nyata, sedangkan data sekunder mengacu pada masa lalu.

Target

Sementara data primer dikumpulkan untuk mengatasi masalah penelitian saat ini, data sekunder terutama dikumpulkan untuk mengatasi masalah penelitian sebelumnya dan juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah penelitian saat ini.

mengakses

Mengakses data primer melibatkan proses yang relatif panjang sementara mengakses data sekunder cepat dan mudah.

Alat pengumpulan data

Alat pengumpulan data primer meliputi observasi, survei, kuesioner, tes fisik, kuesioner online, wawancara pribadi atau telepon, studi kasus, dan diskusi kelompok terarah, sedangkan alat pengumpulan data sekunder meliputi artikel jurnal, situs web, buku, publikasi pemerintah, catatan, dll. .

Hasil

Perbedaan utama antara data primer dan sekunder adalah bahwa data primer dikumpulkan pertama kali oleh seorang peneliti sedangkan data sekunder mengacu pada data yang ada yang dihasilkan oleh peneliti sebelumnya. Selain itu, data yang dikumpulkan melalui sumber primer lebih andal dan akurat daripada sumber sekunder. Hal ini karena data primer selalu menjawab kebutuhan peneliti dibandingkan dengan data sekunder yang tidak spesifik untuk kebutuhan peneliti.

Referensi:

1. “Apa itu data primer? + [Examples & Collection Methods]” Formplus, 15 Januari 2020.
2. “Data sekunder”. Panduan Studi Manajemen MSG.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Survei-Wawancara-Kuesioner” (CC0) melalui Pixabay
2. “buku, baca, baca, pengetahuan, studi, pendidikan, halaman, kebijaksanaan, buku, tanggal” (CC0) via Pxfuel