PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 17, 2024

Hai, teman-teman! Kalian pernah dengar tentang CBSE dan ICSE? Pasti penasaran, kan, apa sih bedanya? Nah, kali ini kita bakal bahas tentang perbedaan antara kedua sistem pendidikan tersebut. CBSE (Central Board of Secondary Education) dan ICSE (Indian Certificate of Secondary Education) adalah dua kurikulum yang digunakan oleh sekolah-sekolah di India. Nggak bisa dipungkiri, kedua kurikulum ini punya ciri khas masing-masing. Jadi, yuk kita bahas lebih dalam tentang perbedaan CBSE dan ICSE ini!

ini Perbedaan utama antara CBSE dan ICSE Itu adalah bahwa CBSE terutama berfokus pada teori dan mementingkan mata pelajaran sains dan matematika, sementara ICSE lebih bersifat praktis dan memberikan kepentingan yang sama untuk semua mata pelajaran.

CBSE dan ICSE adalah dua dewan pendidikan paling terkenal di India. Memilih antara CBSE dan ICSE adalah keputusan yang sangat penting yang dapat mempengaruhi seluruh kehidupan siswa. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang CBSE dan ICSE.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu CBSE?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu ICSE?
– Definisi, karakteristik
3. Perbedaan antara CBSE dan ICSE
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

CBSE, ICSE, India, Pendidikan, Ujian

Apa itu CBSE?

CBSE atau Dewan Pusat Pendidikan Menengah adalah dewan pendidikan dasar untuk siswa sekolah di India. CBSE melakukan ujian tingkat nasional. Ini berlaku untuk sekolah negeri dan swasta dan dikontrol langsung oleh pemerintah. CBSE berfungsi sebagai tingkat kelayakan minimum untuk mengejar pendidikan tinggi. Bahkan, mereka adalah ujian masuk nasional untuk memasuki berbagai program sarjana teknik dan medis. Faktanya, ujian sarjana yang paling kompetitif di negara ini didasarkan pada silabus CBSE yang ditentukan. Oleh karena itu, CBSE diterima secara luas di seluruh India.

Dibandingkan dengan lembaga ujian lain di India, CBSE memiliki silabus yang lebih sederhana dan ringan. Selain itu, kurikulumnya intensif dan menawarkan banyak topik untuk dipelajari. Sebagian besar siswa CBSE cenderung mendapat skor lebih tinggi daripada rekan dewan ICSE mereka. CBSE terutama berfokus pada sains dan matematika. Selain itu, kurikulum lebih menitikberatkan pada aspek teoritis. Bahasa resmi dewan adalah bahasa Inggris dan Hindi. Karena terdapat jauh lebih banyak sekolah CBSE di India daripada dewan lainnya, memudahkan siswa untuk berpindah sekolah.

Apa itu ICSE?

ICSE atau Sertifikat Pendidikan Menengah India adalah ujian yang dilakukan oleh Council for School Certificate Examinations of India, sebuah badan pendidikan menengah swasta di India. Ini adalah Dewan Non-Pemerintah yang dibentuk berdasarkan Kebijakan Pendidikan Baru tahun 1986. Hanya siswa perguruan tinggi yang berafiliasi dengan ICSE yang dapat mengikuti ujian – siswa swasta tidak diperbolehkan.

Tidak seperti CBSE, ICSE memberikan kepentingan yang sama untuk semua bidang studi termasuk sains, matematika, seni, bahasa, dan bahkan humaniora. Faktanya, ia menawarkan berbagai bahasa termasuk Inggris, Hindi, Kannada, Tamil, dan Telegu. Tetapi metode pengujiannya adalah bahasa Inggris. ICSE juga menawarkan mata pelajaran kreatif seperti Ilmu Rumah Tangga, Pertanian dan Seni. Silabus ICSE lebih rinci dan komprehensif daripada CBSE. Selain itu, metode pengajaran didasarkan pada aplikasi praktis dari konsep-konsep teoretis dan berfokus pada kehidupan nyata. Ini bertujuan untuk memberikan siswa dengan keterampilan analitis, keterampilan pemecahan masalah dan pengetahuan praktis. Jadi dapat dikatakan bahwa ICSE berfokus pada pengembangan siswa secara keseluruhan. ICSE diterima oleh banyak sekolah dan perguruan tinggi di seluruh dunia.

Perbedaan antara CBSE dan ICSE

Definisi

CBSE atau Central Board of Secondary Education adalah dewan pendidikan dasar untuk siswa sekolah di India, sedangkan ICSE atau Indian Certificate of Secondary Education adalah ujian yang dilakukan oleh Indian Council for School Certificate Examinations.

subjek, subjek

Sementara CBSE lebih mementingkan sains dan matematika, ICSE memberikan kepentingan yang sama untuk semua aliran mata pelajaran termasuk sains, matematika, seni, bahasa, dan bahkan humaniora.

Silabus

Selain itu, CBSE memiliki silabus yang lebih sederhana dan ringan, sedangkan ICSE memiliki silabus yang lebih ketat dan komprehensif.

Alam

CBSE terutama memberikan pengetahuan teoretis sedangkan ICSE memberikan pengetahuan teoretis dan praktis.

Skor

CBSE memiliki sistem penilaian abjad, sedangkan ICSE memberikan skor numerik.

kepopuleran

CBSE lebih populer daripada ICSE dan tersedia di banyak sekolah di seluruh negeri.

Hasil

Perbedaan utama antara CBSE dan ICSE adalah bahwa CBSE terutama berfokus pada teori dan mementingkan mata pelajaran sains dan matematika, sedangkan ICSE lebih bersifat praktis dan memberikan kepentingan yang sama untuk semua mata pelajaran.

Referensi:

1.Beyg, Mohammad Harun. “Lengkapi Formulir CBSE: Detail, Manfaat, Jenis Ujian, dan Kelayakan.” Program Seragam, 2 November 2019.
2. “Formulir Penuh ICSE: Apa itu Sertifikat Pendidikan Menengah India.” Javatpoint.com.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Siswa mengikuti ujian” (CC0) melalui PublicDomainPictures
2. “Tes Akhir Bertindak Cantik” (CC0) melalui MaxPixel