PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara bibliografi dan referensi. Pasti ada yang bertanya-tanya, “Eh, apa sih bedanya?” Tenang, gue bakal jelasin dengan gaya bahasa santai biar lebih gampang dipahamin. Jadi, bibliografi itu kayak daftar semua sumber yang kita pake dalam tulisan kita. Jadi, bisa berupa buku, jurnal, artikel, atau website. Nah, referensi itu kayak ngingetin kita dari mana aja kita ambil informasi dalam tulisan kita. Jadi, referensi ini biasanya ada di dalam paragraf atau kalimat tertentu. Jadi, intinya bibliografi itu daftar sumber, sedangkan referensi itu penunjuk sumbernya. Jadi, udah paham kan bedanya?

ini Perbedaan utama antara bibliografi dan referensi Di sinilah referensi berisi sumber-sumber yang telah Anda kutip dalam makalah Anda, sedangkan daftar pustaka berisi semua sumber yang telah Anda gunakan untuk makalah Anda, baik yang dikutip maupun tidak.

Referensi dan bibliografi keduanya muncul di akhir karya ilmiah dan berbagi informasi yang sama tentang sumber karya tersebut. Mereka membantu penulis menghindari plagiarisme dan memungkinkan pembaca merujuk ke sumber asli dan mempelajari lebih lanjut.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu bibliografi?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu referensi?
– Definisi, karakteristik
3. Kemiripan Daftar Pustaka dan Daftar Pustaka
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara daftar pustaka dan sumber
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Rujukan Daftar pustaka

Apa itu bibliografi?

Bibliografi mengacu pada daftar semua sumber yang telah Anda baca dalam mempersiapkan makalah penelitian Anda. Bibliografi biasanya mencakup semua karya yang telah Anda gunakan, baik yang dirujuk dalam kutipan dalam teks maupun tidak. Secara umum, daftar pustaka mencakup nama penulis, judul karya, nama dan lokasi penerbit, tanggal penerbitan edisi, dan nomor halaman sumber Anda.

Bibliografi beranotasi, di sisi lain, adalah versi bibliografi yang diperluas di mana informasi bibliografi mencakup deskripsi singkat tentang konten, kualitas, dan relevansi sumber dengan pekerjaan penelitian Anda.

Jika Anda merujuk ke buku atau artikel apa pun yang menulis esai Anda, Anda harus menyertakan daftar buku untuk menghindari plagiarisme, meskipun Anda tidak menyebutkan atau mengutipnya langsung di dalam konten. Ini menguntungkan pembaca yang paling banyak membaca karya Anda karena bibliografi memungkinkan mereka melacak sumber aslinya sendiri.

Apa itu referensi?

Daftar referensi biasanya berisi rincian semua sumber yang dikutip dalam makalah Anda. Kami biasanya menyusun daftar referensi berdasarkan abjad, dan jika suatu karya tidak memiliki penulis, kami biasanya mengutip karya tersebut berdasarkan judul. Dalam kasus seperti itu, kami mencantumkan item referensi tersebut menurut abjad menggunakan frase judul yang paling penting.

Seperti halnya daftar pustaka, daftar referensi biasanya kita susun di akhir karya ilmiah tertentu. Kami menggunakan koma untuk memisahkan setiap item dari referensi tertentu. Dalam kasus di mana kami merujuk lebih dari satu karya ilmiah oleh penulis yang sama, kami mencantumkan karya tersebut dalam urutan kronologis dan menampilkan edisi pertama terlebih dahulu. Selain itu, cara kami mencantumkan sumber dan detailnya sedikit berbeda tergantung pada gaya kutipan yang kami gunakan. Selain itu, kutipan Chicago dan kutipan Oxford adalah dua gaya kutipan populer yang kami gunakan untuk menulis bibliografi.

Kesamaan Antara Daftar Pustaka dan Daftar Pustaka

  • Baik bibliografi dan referensi berisi entri yang disusun menurut abjad oleh penulis.
  • Mereka berisi informasi dasar yang sama.
  • Seperti halnya daftar pustaka, daftar pustaka biasanya diletakkan di akhir karya ilmiah.
  • Baik bibliografi dan daftar referensi dimaksudkan untuk mencegah plagiarisme dan memberikan penghargaan kepada penulis asli.
  • Selain itu, keduanya memungkinkan pembaca untuk merujuk ke sumber asli.

Perbedaan Antara Bibliografi dan Referensi

Definisi

Bibliografi adalah daftar sumber yang telah Anda kutip dalam karya ilmiah dan bacaan latar belakang atau bahan lain yang telah Anda baca tetapi tidak benar-benar dikutip. Daftar referensi, di sisi lain, adalah daftar sumber yang telah Anda kutip dalam pekerjaan Anda.

Alam

Daftar referensi hanya memuat sumber-sumber yang telah Anda kutip langsung dalam makalah Anda. Namun, bibliografi mencakup semua sumber yang Anda gunakan untuk makalah Anda selain sumber yang dikutip dalam makalah.

Gaya kutipan

Kutipan APA, kutipan MLA, dan kutipan AMA adalah gaya kutipan umum untuk menulis daftar referensi, sedangkan kutipan Chicago dan kutipan Oxford adalah dua gaya kutipan populer yang kami gunakan dalam bibliografi.

Hasil

Singkatnya, perbedaan utama antara bibliografi dan referensi adalah bahwa daftar referensi memuat sumber-sumber yang telah Anda kutip secara langsung dalam penulisan makalah Anda, sedangkan daftar pustaka berisi semua sumber yang telah Anda gunakan untuk makalah Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. dikutip atau tidak, bagaimanapun, referensi dan bibliografi keduanya muncul di akhir karya, berbagi informasi yang sama tentang sumber karya, dan berisi kutipan yang disusun menurut abjad.

Referensi:

1. “Bibliografi beranotasi”. Lab Menulis Purdue
2. “Daftar Referensi: Hukum Dasar.” Lab Menulis Purdue

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Zoonoses: The Lethal Gifts of Livestock: Slide Bibliography” oleh ILRI (CC BY-NC-ND 2.0) via Flickr
2. “Daftar referensi dihasilkan dari Wikidata” Oleh Egon Willighagen – Karya sendiri (CC0) melalui Commons Wikimedia