PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 23, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah nggak merasa bingung antara belajar dan kedewasaan itu bedanya apa sih? Gue juga sering ngerasa begitu. Tapi, jangan khawatir! Kali ini gue mau berbagi sedikit tentang perbedaan antara dua hal penting ini. Belajar, menurut gue, adalah proses di mana kita mencari pengetahuan dan keterampilan baru. Kita bisa belajar di sekolah, kuliah, atau bahkan dari pengalaman hidup sehari-hari. Sedangkan, kedewasaan lebih ke arah perkembangan diri sebagai individu. Kedewasaan itu nggak cuma soal umur, tapi lebih ke bagaimana kita berpikir, bertindak, dan menghadapi masalah dengan bijak. Nah, penasaran kan gimana kedua hal ini bisa berbeda tapi juga saling terkait? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini adalah antara belajar dan kedewasaan Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan perilaku, sedangkan kedewasaan adalah proses pendewasaan atau berkembang.

Meskipun belajar dan menjadi dewasa adalah dua aktivitas yang saling terkait, keduanya tidak sama. Kedewasaan mengacu pada pertumbuhan mental dan fisik seseorang. Belajar bisa formal dan informal dan sadar atau tidak sadar. Kematangan mental atau kematangan kognitif diperlukan untuk belajar. Faktanya, kedewasaan memfasilitasi pembelajaran.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu belajar?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu kedewasaan?
– Definisi, karakteristik, jenis
3. Apa hubungan antara belajar dan kedewasaan?
– Garis besar fitur umum
4. Apa perbedaan antara belajar dan kedewasaan?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Kematangan kognitif, pembelajaran, kematangan, kematangan fisik

Apa itu belajar?

Belajar adalah perolehan pengetahuan, keterampilan, perilaku, nilai atau preferensi. Itu bisa terjadi baik secara sadar maupun tidak sadar. Ini dapat terjadi melalui pendidikan, pelatihan, pengalaman, dan juga melalui pengembangan pribadi. Selain itu, tidak ada batasan usia untuk belajar. Kita belajar hal-hal baru setiap hari dalam hidup. Sebagai bayi, kita belajar makan, merangkak, berbicara, berjalan, dll., Dan saat kita tumbuh dewasa, kita mempelajari berbagai keterampilan lainnya. Dan jenis pembelajaran ini terjadi melalui pengamatan, percobaan dan pengalaman.

Bukan hanya manusia yang memiliki kemampuan untuk belajar. Hewan, tumbuhan, dan bahkan mesin memiliki kemampuan untuk belajar. Namun, kemampuan belajar ini seringkali berbeda dengan kemampuan belajar manusia. Rasa ingin tahu dan motivasi internal merupakan faktor yang sering mendorong seseorang untuk belajar. Selanjutnya, kemampuan kita untuk belajar bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti motivasi, kepribadian, tingkat kecerdasan dan gaya belajar.

Apa itu kedewasaan?

Pubertas pada dasarnya adalah proses pematangan atau pertumbuhan. Ini adalah proses dimana kita berubah, tumbuh, dan berkembang sepanjang hidup kita. Juga, itu adalah proses biologis, fisik dan mental. Kita pada dasarnya dapat mengklasifikasikan kematangan menjadi dua bagian: kematangan fisik dan kematangan kognitif.

Kematangan fisik secara alami mengacu pada perubahan dan pertumbuhan fisik dalam tubuh kita. Misalnya, saat bayi tumbuh, keterampilan motorik dan koordinasinya berkembang. Mereka juga tumbuh lebih tinggi dan menambah berat badan seiring bertambahnya usia. Selain itu, mereka juga mengalami perubahan hormonal saat mencapai pubertas.

Kematangan kognitif, di sisi lain, mengacu pada perkembangan kognitif sejak lahir hingga dewasa. Kita belajar untuk berpikir, belajar dan berinteraksi dengan orang dan situasi yang berbeda. Perkembangan kemampuan penalaran, pemerolehan bahasa, dan perkembangan intelek dan ingatan adalah contoh dari perkembangan kognitif.

Hubungan antara belajar dan kedewasaan

Belajar dan kedewasaan adalah proses yang saling terkait. Faktanya, kedewasaanlah yang memfasilitasi pembelajaran. Saat Anda mengajari seseorang sesuatu, selalu penting untuk memastikan bahwa orang tersebut telah mencapai kematangan mental yang diperlukan untuk pelajaran tersebut.

Perbedaan antara belajar dan kedewasaan

Definisi

Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perilaku melalui pengalaman, pendidikan dan pelatihan. Sebaliknya, kedewasaan adalah proses pendewasaan atau pertumbuhan, baik secara mental maupun fisik. Oleh karena itu, inilah perbedaan mendasar antara pembelajaran dan kedewasaan.

Jenis proses

Selanjutnya, belajar terutama merupakan proses mental, sedangkan kedewasaan adalah pertumbuhan mental dan fisik.

Kejadian

Perbedaan lain antara pembelajaran dan pematangan adalah bahwa pembelajaran terjadi melalui pengalaman, praktik, pelatihan, atau pendidikan, sedangkan pematangan terjadi melalui pertumbuhan pribadi.

Stimulus eksternal

Sementara belajar terjadi karena rangsangan eksternal, kedewasaan tidak memerlukan rangsangan eksternal.

Hasil

Belajar dan kedewasaan adalah dua proses yang saling terkait. Perbedaan utama antara belajar dan kedewasaan adalah bahwa belajar adalah proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan perilaku, sedangkan kedewasaan adalah proses menjadi dewasa atau berkembang. Jadi, kematangan adalah perkembangan mental dan fisik, sedangkan belajar pada dasarnya adalah proses mental.

Referensi:

1. “Belajar dan Kedewasaan”. Teori Pembelajaran, 24 Maret 2015, Tersedia di sini.
2. Apa itu kedewasaan? Definisi dan jenis – kematangan fisik dan kognitif. Toppr Bytes, 20 Juni 2019, Tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “3245793” (CC0) melalui Pixabay
2. “2835898” (CC0) melalui Pixabay