PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan ngobrolin tentang perbedaan antara artikel dan jurnal. Pernah nggak sih kalian bingung apa bedanya keduanya? Sama, dong! Tapi tenang, aku bakal bantu kita membedakannya dengan gaya santai ala kita-kita ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini antara artikel dan jurnal Sebuah artikel jauh lebih pendek daripada majalah.

Saat Anda menulis makalah akademis atau melakukan studi penelitian, Anda harus berkonsultasi dengan berbagai artikel dan jurnal. Esai campuran yang ditulis dalam bentuk prosa, biasanya non-fiksi, tentang topik tertentu yang merupakan bagian independen dari sebuah publikasi. Di sisi lain, jurnal adalah kumpulan artikel ilmiah. Kami terkadang menggunakan kata artikel jurnal untuk merujuk ke artikel terpisah dalam jurnal.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu artikel?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu majalah?
– Definisi, karakteristik
3. Apa perbedaan antara artikel dan jurnal?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Artikel, majalah, artikel majalah

Apa artikelnya?

Artikel adalah tulisan yang disertakan dengan orang lain di surat kabar, majalah, atau publikasi lainnya. Ini adalah jenis sastra non-fiksi yang prosa. Anda dapat menemukan artikel di majalah, ensiklopedia, majalah, situs web, surat kabar, atau publikasi lainnya. Isi dan struktur artikel mungkin bergantung pada sumbernya. Misalnya, sebuah artikel dapat berupa editorial, ulasan, artikel fitur, artikel ilmiah, dll.

Esai jauh lebih pendek daripada buku – bisa sesingkat satu atau dua paragraf atau sepanjang beberapa lusin halaman. Tujuan utama dari sebuah artikel adalah untuk menginformasikan pembaca tentang topik tertentu. Namun, mereka ditulis tentang topik yang sangat spesifik. Selain itu, artikel biasanya mengikuti format judul dan subjudul. Format ini memudahkan pembaca untuk memahami konsep yang dibahas dalam artikel. Artikel juga dapat bervariasi dalam jenis informasi yang mereka berikan. Fakta dan informasi ini penulis sajikan secara objektif karena tujuannya adalah untuk memberikan informasi, bukan untuk membujuk pembaca untuk menerima pendapat mereka.

Kumpulan artikel akademik atau ilmiah dikenal sebagai jurnal. Selain itu, sebagian besar artikel jurnal memiliki abstrak di awal dan menyertakan dokumentasi ekstensif di akhir artikel.

Apa itu majalah?

Di universitas, jurnal adalah publikasi ilmiah. Ini adalah kumpulan artikel yang ditulis oleh para peneliti, profesor dan profesional lainnya. Jurnal biasanya fokus pada disiplin atau bidang studi tertentu. Misalnya jurnal kesehatan. Tidak seperti majalah atau surat kabar, jurnal ditujukan untuk khalayak ilmiah atau teknis, bukan pembaca umum. Jurnal tersedia dalam bentuk cetak atau sebagai publikasi online.

Artikel jurnal biasanya berisi penelitian asli dan peer-review. Selain itu, mereka fokus pada perkembangan terkini di lapangan, mengutip karya lain yang relevan, dan berisi daftar pustaka.

Selain itu, majalah biasanya diterbitkan secara berkala. Misalnya, bulanan, triwulanan, tahunan, dll. Selain itu, mereka memiliki nomor urut. Setiap majalah adalah masalah. Serangkaian masalah memberikan volume. Secara umum, setiap tahun memiliki volume tersendiri.

Perbedaan antara artikel dan jurnal

Definisi

Artikel adalah komposisi yang ditulis dalam bentuk prosa, biasanya non-fiksi, tentang topik tertentu yang merupakan bagian independen dari publikasi, sedangkan jurnal adalah kumpulan artikel ilmiah yang ditulis oleh peneliti dan profesional lainnya.

panjangnya

Sebuah artikel jurnal adalah beberapa halaman dan kumpulan artikel ini membentuk sebuah jurnal. Selain itu, sebuah artikel jauh lebih pendek dari sebuah buku, sedangkan sebuah jurnal mungkin hampir sepanjang sebuah buku.

Struktur

Sebuah artikel jurnal biasanya memiliki abstrak, judul dan subjudul, dan bibliografi di bagian akhir. Setiap majalah adalah masalah. Serangkaian masalah memberikan volume. Secara umum, setiap tahun memiliki volume tersendiri.

Hasil

Artikel tersebut berbentuk prosa. Biasanya, non-fiksi, tentang topik tertentu, merupakan bagian independen dari sebuah publikasi. Di sisi lain, jurnal adalah kumpulan artikel ilmiah. Karenanya, inilah perbedaan antara artikel dan jurnal.

Referensi:

1. “Apa itu majalah?” Universitas Victoria, tersedia di sini.
2. Apa itu artikel jurnal? (Apa artikelnya?) Perpustakaan SFU, tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Esai Lorem Ipsum” Oleh Paraschivu.Florin – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia
2. “University Journal of Language and Literature” oleh Ulker Ramadan – Karya sendiri (CC BY-SA 4.0) via Commons Wikimedia