PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai, bro/sis! Jadi, kita pasti sering denger kan tentang surat pengantar? Tapi, apa sih sebenernya surat pengantar itu? Nah, jangan khawatir, kali ini kita bakal bahas tentang itu. Jadi, surat pengantar tuh sebenernya kayak surat pendamping gitu, yang biasanya dikirim barengan sama dokumen atau barang lainnya. Jadi, tujuannya buat memberikan informasi tambahan atau penjelasan tentang apa yang dikirim. Misalnya, kalo kita mau ngirim lamaran kerja, surat pengantar ini bisa jadi temennya deh. Nah, dengan adanya surat pengantar ini, penerima kiriman jadi lebih ngerti apa yang dikirim dan tujuannya apa. Asik kan? Jadi, selanjutnya kita bakal bahas lebih dalam lagi tentang surat pengantar ini. Yuk, simak penjelasannya!

Surat pengantar adalah dokumen singkat yang dikirim ke majikan bersama dengan resume. Ini telah menjadi kebutuhan mutlak dalam hal mencari pekerjaan. Tidak mengirimkan surat lamaran beserta resume adalah tanda kemalasan. Oleh karena itu, mengetahui apa yang membuat surat lamaran yang baik dapat membantu para pencari kerja.

Surat lamaran mungkin merupakan surat terpisah yang diketik di atas kertas dan dikirim bersama resume. Dalam sebuah email, itu mungkin merupakan lampiran terpisah atau dapat diketik di badan email itu sendiri. Surat pengantar pada dasarnya memperkenalkan kandidat kepada pemberi kerja. Hal ini memungkinkan individu untuk memasarkan diri mereka sendiri, keterampilan, keahlian, dan pengalaman mereka kepada pemberi kerja, menciptakan kesan yang kemungkinan besar akan diingat oleh pemberi kerja. Singkatnya, ini mencakup apa yang tidak bisa disampaikan oleh resume seseorang. Sambil memberikan kesamaan antara kualifikasi seseorang dan persyaratan peran pekerjaan, surat pengantar dapat berfungsi sebagai latar belakang resume seseorang ditinjau secara panjang lebar.

Jenis surat pengantar

Saat ini, ada tiga jenis surat pengantar di dunia.

SAYA) Surat permohonan – Surat ini disertakan dengan resume sebagai tanggapan atas kesempatan kerja.
Saya) Surat prospektif – Surat ini menanyakan tentang kemungkinan pembukaan di perusahaan tertentu.
AKU AKU AKU) Surat jaringan – Surat ini meminta bantuan dalam mencari pekerjaan dan sekaligus meminta informasi.

Surat pengantar yang bagus

Surat pengantar yang baik juga dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa kandidat telah melakukan penelitian. Ini menunjukkan kesediaan seseorang untuk melakukan upaya ekstra dan mempelajari latar belakang perusahaan, sifat peran pekerjaan, dll. Penting untuk menunjukkan keakraban dengan latar belakang perusahaan serta tantangan yang dihadapinya. mungkin dihadapi. Surat lamaran dapat berfungsi sebagai kesempatan bagi kandidat untuk membuktikan diri untuk peran tersebut.

Surat pengantar pada dasarnya adalah pelengkap resume. Itu tidak menyalin isinya. Tujuan surat lamaran sebenarnya adalah untuk menafsirkan dan memberikan sentuhan pribadi pada resume yang lebih berorientasi pada informasi. Ini harus meyakinkan pemberi kerja bahwa orang tersebut tertarik dengan posisi yang diiklankan dan mengapa pelamar adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu. Untuk ini, Anda bisa menambahkan hal-hal yang tidak termasuk dalam resume. Ini mungkin termasuk bagaimana peran pekerjaan individu saat ini / masa lalu berlaku untuk posisi yang berlaku, pengalaman dalam mengelola kapasitas yang sama, dan bagaimana keterampilan pemecahan masalah yang digunakan dalam peran pekerjaan sebelumnya dapat diterapkan.

Namun, surat lamaran harus pendek dan cukup ringkas untuk membuat resume tertarik. Itu harus meningkatkan nilai pribadi orang tersebut dan menyampaikannya kepada pembaca, dengan demikian meyakinkannya tentang hasrat pelamar dan juga meyakinkan pembaca bahwa keterampilan dan keahlian pelamar memang ideal untuk peran pekerjaan yang diminta.

Cara menulis surat pengantar