PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Dieng merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Letaknya yang tinggi membuat Ding memiliki iklim yang lebih sejuk dibandingkan daerah lain di Wonosobo dan Banjarnegara. Hal ini dikarenakan Dieng memiliki banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur.

Rute menuju Dieng

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kawasan wisata ini beralamat lengkap di Jalan Dieng No. 16, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sebagian wilayah ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Anda harus melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke sana. Jika Anda datang dari Jogjakarta, jarak yang ditempuh sekitar 116 km melalui jalur Maglang sebagai pilihan tercepat. Begitu masuk ke Kabupaten Wonosobo, Anda akan melihat perempatan Pasar Kertek, ikuti saja plang penunjuk arah ke Wonosobo lalu lanjut ke Dieng.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk turun di Terminal Mendolo. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan micro bus yang akan membawa Anda ke kawasan wisata Dieng. Tapi sayangnya bus yang bisa membawamu ke Ding hanya beroperasi sampai jam 5 sore.

8 Tempat Wisata di Dieng

Setelah mengetahui lokasi dan rute menuju tempat wisata Ding, sebaiknya Anda mengetahui objek wisata apa saja yang tersedia di sana. Di bawah ini adalah daftar 8 objek wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan Ding Plateau, antara lain:

1. Danau Mardada

Danau ini terletak di antara dua bukit terjal bernama Pangonan dan Sumurup yang masih relatif sepi. Obyek wisata ini merupakan Danau Ding yang terluas, yakni mencapai 21 hektar. Di sekitar Danau Mardada, Anda akan menemukan lahan bertingkat. Tanah ini digunakan sebagai perkebunan kentang bagi masyarakat setempat.

Tempat wisata yang terletak di Desa Karang Tenge, Kecamatan Bator, Benjar Negara ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya hanya sekitar 5000,00 rupiah per orang.

2. Candi Arjuna

Obyek wisata kedua yang bisa dikunjungi adalah Candi Arjuna. Tempat ini dekat dengan Kawah Sikidang dan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram kuno. Kuil ini dibangun untuk memuja Siwa.

Di kawasan Candi Arjuna Anda akan menjumpai lima buah candi yang letaknya bersebelahan. Berada di ketinggian 2000 mdpl membuat ruang dan pemandangan menjadi sangat indah. Untuk tiket masuk kawasan Candi Arjuna, Anda cukup membayar Rp. 10.000,00 per orang

3. Mendaki Gunung Prav

Gunung ini berbentuk seperti perahu dan berada di ketinggian 2565 mdpl. Awan putih seperti kapas terlihat dari puncak Gunung Prav. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Prav adalah matahari terbit dan terbenam.

Anda akan menemukan refleksi hebat yang akan mengejutkan Anda. Jika ingin mendaki disarankan pada musim kemarau karena jalurnya tidak licin sehingga terjamin keamanannya.

4. Kawah Sikidang

Tempat wisata ini terletak tidak jauh dari Bukit Sikunir yaitu di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur. Jam kerja 08.00-16.00 setiap hari dengan tiket masuk Rp. 10.000,00 per orang

Disarankan menggunakan masker untuk menghindari bau belerang yang menyengat. Di sana, selain menikmati keindahan kawah, Anda juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional Ding buatan warga setempat.

5. Batu Pandang Meratapi Angin

Mengakses objek wisata ini tidaklah sulit. Terletak di dekat Candi Arjuna, Kawah Sikkidang dan Telaga Varna, objek wisata ini merupakan tebing tinggi dengan pemandangan Telaga Pangilon yang sangat menawan. Tak heran jika wisata ini begitu populer sebagai spot foto bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Batu duka berangin ini buka mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB dengan tiket masuk 10.000 Toman per orang. Jika ditempuh dari kota Wonosobo, Anda harus menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan jarak tempuh 27 km.

6. Danau Warna

Sebagai salah satu objek wisata unggulan, keindahan Danau Rang sudah tidak diragukan lagi. Walaupun danau ini tidak begitu besar, namun memiliki warna yang sangat indah. Selain itu, ada juga jembatan kayu kecil yang bisa dijadikan spot foto keren di pinggir danau. Ada juga beberapa gua di dekat danau yang memiliki sejarah bagi penduduk setempat.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 08:00 hingga 17:30 WIB. Anda kini bisa menikmati keindahan objek wisata ini hanya dengan satu tiket masuk seharga 10.000 Toman per orang. Anda bisa menikmati keindahan danau ini bersama orang tersayang.

7. Bukit Sikonir

Tempat wisata di Kabupaten Dieng ini sangat cocok bagi Anda yang suka mengabadikan golden sunrise. Anda akan melihat keindahan warna kemerahan di pagi hari yang akan mengejutkan Anda. Untuk itu, disarankan untuk berada di puncak bukit sebelum subuh atau sebelum jam 5 pagi.

Tempat wisata yang terletak di Desa Sembongan, Kecamatan Kajajar ini buka mulai pukul 02:00 hingga 18:00 WIB. Tiket masuknya sendiri sangat murah yaitu sekitar 12.000 Toman per orang.

8. Pandangan Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Dieng. Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi saat matahari terbit. Maka jangan heran jika saat sunrise tiba, pengunjungnya sangat ramai.

Dari sisi selatan posko, Anda bisa menikmati keindahan Gunung Sindoro dan Desa Ting. Dari kota Wonosobo, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pos pengamatan Tieng.

Fitur yang akan Anda dapatkan

Saat mengunjungi tempat wisata di Ding, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas. Berbagai fasilitas pendukung cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan wisatawan, seperti musholla, parkir, toilet, dan warung makan yang tersebar di beberapa tempat.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan berencana menghabiskan beberapa hari di Ding, tak perlu khawatir. Hal ini karena ada banyak rumah yang bisa Anda pilih sebagai tempat menginap, tergantung budget yang Anda miliki.

Anda juga bisa menemukan fasilitas umum seperti SPBU, mini market dan fasilitas lainnya di sekitar kawasan Flat Ding. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Dieng seperti Carica, tidak perlu khawatir. Di sana Anda akan menemukan berbagai toko oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan luar kota maupun mancanegara.

itulah penjelasan lengkap mengenai Ding dan tempat wisata yang ada di dalamnya. Tips saat berkunjung ke sana adalah membawa pakaian hangat yang cukup agar tidak terjatuh karena tidak terbiasa. Cuacanya sangat ekstrim, terutama untuk pengunjung luar kota dengan suhu yang lebih hangat, yang akan sangat mengesankan.