PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Salah satu destinasi wisata yang sempat tersembunyi di masa lalu adalah tempat wisata Belitung. Bahkan hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan tempat wisata ini.

Meski kini tempat wisata di Belitung mulai bermunculan berkat kemunculan film Laskar Panengi. Sehingga tempat wisata di Beliung ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat yang sudah mengetahui keindahannya.

Jika Anda ingin berlibur ke Belitung, catat dan masukkan daftar tempat wisata di Belitung yang direkomendasikan di bawah ini untuk dikunjungi satu per satu. Semuanya ? Simak pembahasannya di bawah ini:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Salah satu pantai yang terkenal di Belitung adalah Pantai Tanjong Tinggi yang pernah dijadikan lokasi film Lascar Panengi. Lokasi pantai ini berada di bagian utara Pulau Belitung, kurang lebih 37 km dari kota Tanjung Pandan, dan pantai ini memiliki pasir putih bersih.

Ciri khas dari pantai ini adalah air lautnya yang jernih dan bebatuan granit dengan ukuran yang sangat besar. Ombak di pantai ini juga bisa dibilang cukup tenang, sehingga Anda bisa berenang dengan aman.

Sementara itu, di pinggir pantai terdapat warung-warung yang menawarkan kuliner seafood sehingga Anda bisa langsung menyantap makanan lezat saat lapar.

2. Pantai Tanjung Klayang

Lokasi pantai ini berada di sebelah utara Pulau Belitung, nama pantai ini adalah Pantai Tanjong Kliang yang merupakan pantai kedua yang terkenal di daerah Belitung. Ciri khas pantai ini adalah adanya batu terbang yang kini dijadikan maskot Sail Wakatobi – Belitung 2011.

Pantai ini terbagi menjadi dua bagian yaitu di sebelah barat terdapat batu granit besar dan di sebelah timur terdapat pasir putih yang memiliki keindahan yang sangat bagus dibandingkan dengan pantai lainnya.

Di pantai ini Anda bisa snorkeling, berjemur, berenang, memancing dan melakukan apapun yang berhubungan dengan air.

3. Pulau Lengkuas

Rekomendasi tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah Pulau Lengquas, tempat ini berada di bagian utara Belitung dan bila anda menyeberang untuk mencapai tempat ini, anda bisa mencapainya dalam waktu 30 menit.

Ciri khas pulau ini adalah mercusuar yang menonjol di tengah pulau. Mercusuar ini didirikan pada tahun 1882, Anda bisa menikmati pemandangan indah dari atas mercusuar ini.

4. Alis bukit

Rekomendasi selanjutnya adalah Bukit Berahu, tempat ini memiliki konsep perpaduan antara resto dan bungalow serta villa di pantai Belitung yang indah. Ini adalah tempat wisata di Belitung yang berada di dekat Tanjung Tinggi.

Di Bukit Brahu, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah, yang memiliki pasir putih dan air laut yang biru jernih. Anda harus menaiki 97 anak tangga untuk mencapai bungalo ini.

Jadi disarankan untuk tidak menggunakan high heels, disini anda juga bisa menikmati private beach yang tidak bisa anda temukan di pantai Belitung lainnya.

5. Pantai Pune

Pantai Punai terletak di sebelah tenggara Belitung, yaitu di desa Tanjung Kulompang. Jika pantai-pantai lain di Belitung memiliki ciri khas bebatuan granit yang besar. Di pantai ini Anda akan menemukan pasir putih dengan bebatuan granit kecil.

Suasana pantai ini juga lebih tenang dibandingkan dengan pantai Belitung lainnya, di depan pantai juga terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulai Punai. Pulau ini dulunya memiliki banyak burung merpati. Anda bisa mengunjungi pulau ini dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut.

6. Pulau berpasir

Pulau pasir ini sebenarnya adalah daratan yang terdiri dari pasir. Oleh karena itu, ketika air laut sedang surut, massa pasir ini akan berbentuk pulau. Berbeda saat air pasang, tumpukan pasir ini tenggelam di bawah air laut.

Luas pulau ini tidak terlalu luas, hanya setengah lapangan sepak bola. Namun saat air sedang surut, biasanya banyak wisatawan yang menghabiskan waktu di pulau ini.

Pemandangan di tempat wisata ini akan mengejutkan dan membuat Anda takjub, karena pulau ini begitu dekat dengan pulau lain.

7. Danau Kaolin

Sebenarnya ini bukan tempat wisata untuk umum, hanya saja banyak fotografer yang ingin mengetahui potensi fotografi lainnya, sehingga beberapa biro perjalanan menyertakan paket wisata Danau Kaolin di Belitung.

Kaolin bisa dikatakan sebagai salah satu aset pertambangan di Belitung, tempat ini begitu indah berkat perpaduan air danau yang berwarna biru dengan kaolin yang berwarna putih.

Sehingga bisa menciptakan pemandangan yang indah seperti pemandangan kawah putih di Bandung.

Itulah beberapa tempat wisata di Belitung yang memiliki berbagai tempat wisata mulai dari pulau, pantai dan perbukitan. Tidak hanya Belitung yang memiliki tempat wisata pantai yang indah.

Tempat wisata di Lombok ini tidak kalah indahnya, selain itu ada tempat wisata yang pernah menjadi lokasi syuting film Lascar the Leopard.