PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Memasak merupakan salah satu jenis usaha yang selalu menjadi peluang usaha yang menarik untuk dikembangkan, tidak terkecuali masyarakat pedesaan. Membuat usaha memasak merupakan potensi yang sangat menjanjikan dan bisa Anda raih cuan (Keuntungannya) kebanyakan untuk yang mau memulai, karena peminat usaha memasak jenis ini tidak pernah sepi. Selama ini bisnis memasak menjadi bisnis yang paling diminati karena makanan dan minuman sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang dimanapun berada. Di balik itu, ada banyak jenis usaha memasak yang bisa dimulai dengan modal terjangkau. Namun dengan modal ini justru bisa memberikan banyak keuntungan.

Berikut 10 usaha memasak yang bisa dirintis dan dikembangkan di desa:

1. Kue masakan tradisional

10 usaha kuliner yang bisa dikembangkan di desa

Tentu saja, ini adalah makanan ringan yang sering ditemukan di mana-mana. Dari pasar hingga jalanan kota, penjual kue tradisional dapat dengan mudah menjangkau masyarakat manapun.

Kue tradisional telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan memiliki kenangan tersendiri di hati setiap orang. Mulai dari dijadikan camilan di pagi hari, sebagai pelengkap saat minum teh atau kopi, hingga disajikan saat merayakan acara penting. Baik di kota maupun di pedesaan. Di setiap daerah, kue khasnya berbeda-beda dan memiliki penikmatnya masing-masing. Sehingga masakan ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa. Selain itu, bahan-bahannya juga sangat mudah disiapkan.

2. Warung makanan khas tradisional

Beberapa daerah biasanya memiliki warung makan yang menjadi tempat persinggahan wisatawan atau pengunjung bahkan menjadi tempat istirahat bagi beberapa pengendara sebelum melanjutkan perjalanan. Sebagian besar dari mereka memilih warung makan, terutama yang menyajikan makanan lokal, sebagai tempat singgah. Selain beristirahat, momen ini merupakan kesempatan untuk mencoba kuliner lokal di suatu daerah atau desa.

3. Makanan beku atau makanan beku

Meningkatnya penjual makanan bekumakanan beku) menjadi hal yang menarik di masa pandemi. Penyajian yang mudah, praktis dan cepat menjadi daya tarik masakan ini. Tak heran masakan ini laris manis dan memiliki target pasar yang semakin meluas. Ini bisa menjadi peluang yang patut dicoba di desa karena makanan beku Ini adalah makanan yang memiliki umur simpan yang lama (jika disimpan di lemari es) dan harganya terjangkau. Karena itu, usaha memasak ini tidak membutuhkan banyak modal dan bisa dimulai dari rumah. Anda bahkan tidak perlu repot dengan pemasaran, gunakan saja ponsel pintar Dan Anda dapat memasarkannya melalui obrolan grup ada apa atau akun media sosial Anda.

4. Gorengan

Jajanan yang satu ini tentunya sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, tidak lengkap rasanya jika sudah lama tidak makan gorengan. Nah, berjualan gorengan adalah alternatif yang baik untuk memulai bisnis sendiri. Kebanyakan orang menyukai makanan ringan ini karena praktis dan sangat mudah ditemukan.

5. Makanan jalanan atau makanan jalanan

Bakso bakar, bakso goreng, sosis bakar, simul, batagor dan sejenisnya adalah jajanan pinggir jalan.makanan jalanan) yang sangat digemari terutama di kalangan remaja dan anak-anak yang suka makan cemilan mengenyangkan. Bisnis memasak ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan uang cuan, karena cenderung mudah menarik perhatian orang. Selain itu, lokasi yang strategis (kebanyakan di pinggir jalan atau di pusat keramaian) menjadi nilai tambah bagi peluang usaha kuliner ini, cukup sediakan gerobak, tenant atau meja sedang, maka Anda sudah siap. untuk menghasilkan keuntungan Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjajal peluang bisnis dengan berjualan jajanan alias jajanan makanan jalanan.

6. Cemilan atau jajanan rumahan

Jenis usaha ini juga sangat menjanjikan mengingat makanan ringan selalu laris dan harganya terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Dan juga proses produksi dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Contoh ide cemilan rumahan yang bisa kamu coba antara lain Es Lilin, pisang gulunganTèla-Tèla, singkong keju, roti bakar, dll

7. Minuman dingin kekinian

Generasi saat ini yang tergolong anak muda sangat tertarik untuk mencoba atau mencicipi cita rasa kuliner baru dengan cita rasa yang berbeda. Inilah kenapa minuman jaman sekarang laris manis, apalagi dengan perkembangan informasi yang bisa didapat dengan cepat. Ice jelly grass, minuman boba, es krim milo, thai tea menjadi salah satu minuman yang dinobatkan sebagai minuman kekinian dan mampu menarik opini banyak orang.

8. Aneka keripik

Keripik relatif mudah dibuat dan tahan lama (selama dikemas dengan baik), bahan-bahannya juga tidak sulit. Aneka keripik yang banyak diminati antara lain keripik ubi jalar, keripik pisang, keripik tempe, dan keripik kentang. Untuk pemasarannya, keripik dapat ditempatkan di warung UMKM atau toko desa. Anda juga bisa menjualnya secara online melalui WhatsApp atau media sosial.

9. Minuman lokal

Setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki minumannya sendiri. seperti kopi, teh atau minuman berbahan rempah-rempah. Minuman lokal ini biasanya tersedia dalam kemasan dengan berbagai ukuran. Jika desa Anda merupakan daerah penghasil biji kopi, maka usaha kopi kemasan adalah jenis usaha yang cocok. Begitu pula jika daerah Anda menghasilkan makanan lokal lainnya, Anda dapat memproduksi minuman tersebut dalam kemasan yang menarik.

10. Oleh-oleh khas daerah

Bagi sebagian besar wisatawan, berburu oleh-oleh (oleh-oleh) biasanya menjadi salah satu tujuan mereka dalam mengunjungi suatu daerah. Souvenir juga bisa kuliner, seperti kue basah atau kue kering. Misalnya di daerah Enrekang (Sulawesi Selatan) ada kuliner bernama Dangke (yaitu olahan susu sapi/kambing yang telah dipres menjadi bentuk keju).

Masakan ini pasti ditujukan untuk wisatawan karena hanya ditemukan di daerah itu. diproses Dangke Tersedia juga dalam bentuk mentah dalam olahan jajanan berupa keripik Dangke. Dengan begitu, pemasaran akan lebih mudah dilakukan.

Nah itulah 10 jenis usaha kuliner yang menjanjikan dan bisa dikembangkan di desa. Alasan utama bisnis kuliner ini menjanjikan adalah karena faktor keuntungan yang bisa didapat sangat besar sehingga pengembalian investasi lebih cepat. Mencermati peluang bisnis di sekitar kita adalah kunci sukses dalam menciptakan atau memulai bisnis kuliner.